Dosen UMN dan UiTM Kolaborasi Penelitian Financial Technology

Ilustrasi Universitas Multimedia Nusantara
Ilustrasi Universitas Multimedia Nusantara (KalderaNews.com/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Dosen Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan dosen Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia melakukan kolaborasi penelitian di bidang financial technology. Terdapat lima dosen UMN yang terlibat dalam penelitian ini, antara lain Dr. Florentina Kurniasari, Dr. Prio Utomo, Dr. So Yohannes Jimmy, Stefanus Ariyanto, dan Harsono Yuwono.

Penelitian ini dimulai 1 Maret 2021-28 Februari 2022 dengan memanfaatkan dana penelitian yang dihibah oleh UiTM Malaysia sebesar RM5000.

BACA JUGA:

Salah satu dosen UMN yang ikut serta dalam penelitian ini, Dr. Prio Utomo mengatakan, beberapa bentuk kolaborasi yang dijalankan untuk penelitian ini, seperti pengembangan ide penelitian yang relevan di dua negara, pengembangan instrumen penelitian yang relevan, pengambilan data di setiap negara, pengelolaan data bersama, dan pendiskusian untuk implikasinya.

“Jadi, ada dua penelitian yang dilakukan dengan responden di Malaysia dan Indonesia. Ada banyak potensi komparatif studi untuk menggabungkan hal-hal yang baik di kedua negara dengan latar belakang kultur yang hampir sama, tetapi dengan dinamika masyarakat dan perkembangan industri yang berbeda di bidang fintech,” papar Prio.

Melalui kerja sama ini, Prio berharap, hasilnya dapat memberikan kontribusi dan dampak positif terhadap universitas dan kedua negara. Selain itu, menurut dia, penelitian ini juga dapat menjadi titik awal kolaborasi internasional antara UMN dan UiTM.

“Secara umum, ini membuka potensi untuk kolaborasi yang lebih luas di bidang-bidang yang lain,” lanjut Prio.

Latar belakang kerja sama penelitian ini merupakan bentuk tindak lanjut dari Nota Kesepahaman (MoU) antara UMN dan UiTM yang dilaksanakan tahun lalu. Hal ini merupakan realisasi kerja sama antara UMN dan UiTM untuk melakukan penelitian terpadu antara beberapa fakultas. Prio juga menjelaskan, penelitian ini sebagai bentuk kolaborasi antaruniversitas yang telah dikhususkan, baik untuk di tingkat fakultas maupun prodi.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*