Ingin Kerja Sebagai Seorang Analis Data? Pahami Dulu Jenis dan Syaratnya Berikut

Ilustrasi: Pekerjaan yang bisa dilakukan sambil kuliah. (Ist.)
Ilustrasi: Pekerjaan yang bisa dilakukan sambil kuliah. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Ahli analisis data dewasa ini merupakan pekerjaan yang sedang banyak dincar oleh fresh graduate. Banyak perusahaan mencari pekerja untuk bidang ini. Seorang ahli analis data diperlukan karena makin jenis industri dan perusahaan baru.

Pekerjaan ini banyak dicari karena memiliki peluang karier yang menjanjikan. Inilah tipe dan syarat analisis data yang perlu dikenali.

BACA JUGA:

Entry level (pemula)

Tipe entry level merupakan tipe paling awal dalam bidang pekerjaan ini. Pekerja di level ini biasanya para lulusan pendidikan tinggi yang baru mendaftar dan emmulai karier. Namun, sebenarnya pekerjaan ini dapat juga dikerjakan oleh orang yang bukan lulusan perguruan tinggi. Mahasiswa yang masih kuliah juga dapat mengerjakan kerjaan.

Syarat utama untuk menjadi seorang analis data entry level yakni memiliki keterampilan dasar untuk dapat bekerja dengan baik di dalam perusahaan tersebut. Keterampilan dasar yang dimaksud adalah kemampuan berpikir anaitis dan kritis, serta bekerja di dalam tim serta memiliki kemampuan yang baik di dalam matematika.

Ruang lingkup tanggung jawab seorang analis data entry level adalah menolong supervisor dan tim senior lainnya serta berlatih dan belajara cara menganalisis data dengan menggunakan program yang sesuai. Meskipun perannya terkesan ringan dan mudah, level ini banyak dicari untuk memulai karier bidang ini.

Analis Data Junior

Tanggung jawab dan peran di level analis data junior sedikit berbeda dari mereka yang masih di level data entry. Pada level ini mereka telah memiliki pengalaman yang cukup kuat untuk analis data. Selain pengalaman yang cukup, pada level ini juga harus memiliki tuntutan pendidikan yang relevan dan formal.

Yang membedakan level ini dengan level sebelumnya adalah pengalaman. Makin banyak pengalaman yang didapat akan makin mengangkat karier.

Seorang analis data junior juga akan mendapat bimbingan dan supervisi dari mentor. Tugas dan tanggungjawa dari level ini adalah mengumpulkan data, membuat segmentasi, dan mempresentasikan hasil riset kepada klien atau atasan.

Analis Data Senior

Seorang analis data senior merupakan posisi tertinggi di bidang analis data. Mereka adalah orang yang mengerjakan tugas paling sulit dan mempunyai tanggung jawab paling besar. posisi ini memang belum banyak karena untuk mencapai posisi ini diperlukan perjalanan yang panjang.

Persyaratan untuk mencapai posisi ini memiliki syarat pengalaman, keahlian yang teruji, etiket kerja, dan pengetahuan lengkap. Tidak hanya ini mereka juga mempunyak kemampuan untuk memanipulasi jumlah data yang sangat besar. posisi ini harus terampil menggunakan semua tools yang terkait dengan analisis data (visualisasi, manajemen data, dan sebagainya.

Seorang analis data senior juga harus memiliki soft skill untuk bekerja di dalam tim dengan anggota yang beragam. Teknik dasar memimpin juga harus dimiliki oleh analis data senior.

Memulai karier di bidang analis data ini dapat dimulai sejak zaman kuliah. Memilih bidang ini sebagai pekerjaan paruh waktu juga dapat menambah portofolio dalam curriculum vitae yang sangat bermanfaat kelak saat melamar pekerjaan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagi pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*