Kamu Lulusan SMA Sederajat Mau Beasiswa Kuliah Ke Jepang, Deadline Monbukagakusho 7 Mei 2021




Deadline Beasiswa ke Jepang
Mahasiswi Jepang (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kedutaan Besar Jepang di Indonesia kembali menawarkan Beasiswa Pemerintah Jepang (MEXT/Monbukagakusho) kepada siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke beberapa universitas di Jepang.

Universitas yang dimaksud adalah Universitas/GAKUBU, College of Technology/KOSEN, dan Specialized Training College/SENSHU untuk tahun akademik 2022 (April 2022) mendatang. Sebagai catatan, pelamar hanya bisa mendaftar salah satu program saja.

Sebelum masuk universitas/college, penerima beasiswa akan belajar di sekolah persiapan pada tahun pertama kedatangannya di Jepang. Di sekolah persiapan, penerima beasiswa akan belajar tentang negara Jepang, bahasa Jepang, bahasa Inggris, matematika, ilmu pengetahuan sosial (bagi jurusan IPS), dan fisika, kimia, biologi (bagi jurusan IPA).

BACA JUGA:

Information and Culture Section, Embassy of Japan in Indonesia, Faisal Ramadhan menyampaikan beasiswa ini mencakup biaya kuliah ditanggung sepenuhnya, tunjangan hidup sebesar kurang lebih 117.000 yen/bulan, tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar dan tanpa ikatan dinas.

Dengan deadline 7 Mei 2021, berikut ini syarat-syarat pelamar yang bisa melamar:

  • Warga Negara Indonesia
  • Lulusan SMA atau sederajat
  • Usia maksimal 24 tahun pada tanggal 1 April 2022 (tanggal kelahiran mulai dari 2 April 1997)
  • Nilai minimal rapor matematika wajib dan bahasa Inggris wajib semester 4 dan 5 masing-masing: 84 untuk program GAKUBU, 80 untuk program KOSEN (hanya terbuka untuk SMA/SMK/MA/MAK Jurusan IPA saja) dan 80 untuk program SENSHU.

Apabila kondisi penyebaran Covid-19 semakin memburuk, ada kemungkinan proses penyeleksian akan berubah atau dibatalkan. Ada kemungkinan juga jadwal rencana keberangkatan ke Jepang akan berubah. Untuk keterangan lebih lanjut, harap menghubungi Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang melalui nomor telepon (021) 3192-4308 atau e-mail: beasiswa@dj.mofa.go.jp.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*