Kuliah Pertanian Kok di Luar Negeri? Inilah Alasan Jitunya




Pertanian Konservasi Efektif Hadapi Perubahan Iklim Ekstrem
Melkior Lake, petani di Desa Camlong Village di depan kebun jagung yang menerapkan pertanian konservasi (KalderaNews/FAO Indonesia)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pertanian merupakan bagian dari jurusan MIPA yang terkenal selain kedokteran dan teknik. Kuliah pertanian menjadi sangat familiar di Indonesia karena negara ini merupakan negara agraris yang kaya akan sumber daya alam dan hasil bumi.

Jurusan ini sudah lama familiar di Indonesia. Sehingga akan muncul pertanyaan baru dari para orangtua bila kita memilih kuliah pertanian di luar negeri. Sementara, jurusan yang terkenal dapat sering menjadi jurusan tujuan merupakan jurusan teknik, bisnis, dan kedokteran.

BACA JUGA:

Inilah alasan jitu yang dapat kamu kemukakan pada orangtua dan kerabat saat kamu mengungkapkan keinginanmu kuliah pertanian di luar negeri.

Perkembangan Ilmu yang Baik dan Berbasis Riset Ilmiah

Ilmu pertanian di luar negeri berkembang dengan sangat baik sekaligus dengan teknologinya. Perkembangan ilmu pertanian di sana didasari oleh berbagai riset ilmiah yang mumpuni. Universitas di luar negeri memiliki komitmen tinggi untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada pelajarnya.

Fasilitasnya Beragam

Fasilitas perkuliahan yang lengkap dan bermutu merupakan jaminan bagi pelajar untuk dapat belajar dengan maksimal di kampus. Hal ini menjadi satu sarana penting yang dapat membantumu berkembang dalam peningkatan ilmu pada masa kuliah.

Pengajarnya Pakar dan Peneliti

Jaminan lain kuliah pertanian di luar negeri adalah pengajarnya merupakan pakar di bidangnya. Selain pakar, para pengajar biasanya merupakan peneliti. Kedua hal ini membuatmu dapat menggali lebih banyak ilmu secara optimal.

Akses Kesempatan Banyak

Kuliah pertanian di luar negeri memberi banyak akses setelah lulus. Sistem pendidikan yang baik, lingkungan kampus yang sangat mendukung serta kondisi kampus baik membuat para lulusannya mudah mendapatkan kesempatan dalam karier di bidang pertanian.

Dukungan Prestasi Tinggi

Bila kamu pelajar yang mempunyai prestasi bagus, karyamu akan mendapat dukungan yang baik. Hal yang bersifat inovatif dan dapat menyelesaikan permasalahan bidang pertanian tentu mendapat perhatian dari publik. Banyak perguruan tinggi di luar negeri yang bersedia memberikan dukungan kepada pelajar yang telah berprestasi di bidang pertanian ini.

Kontribusi Besar Untuk Kehidupan

Jurusan pertanian merupakan jurusan yang sangat penting bagi umat manusia. Sebab pangan merupakan kebutuhan primer manusia. Jumlah manusia yang terus bertambah membuat  Bila kamu memilih jurusan pertanian, berarti kamu telah memilih jurusan yang sangat berjasa untuk keberlangsungan kehidupan manusia.

Untuk mendaftar di jurusan kamu harus mempersiapkan diri dengan baik sejak SMA. Selain akademis, kamu juga perlu menyiapkan kemampuan bahasa. Bila kamu merasa perlu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu di luar jam sekolah, ambillah kursus bahasa yang sesuai dengan kebutuhanmu.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagi pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*