Olahraga Selama Puasa untuk Pelajar? Berikut Triknya




Ilustrasi: Tips olahraga di rumah. (Ist.)
Ilustrasi: Tips olahraga di rumah. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Puasa sebenarnya bukan alasan untuk menjauhi atau mengurangi kebugaran. Olahraga dan puasa merupakan dua aktivitas yang sebaiknya berjalan seiring untuk meningkatkan kesehatan. Olahraga selama puasa seyogianya tetap dilakukan saat Ramadan.

Namun, saat puasa, olahraga yang kamu pilih haruslah jenis olahraga yang tidak menguras energi secara berlebih. Tidak hanya jadwal aktivitas dan belajar yang kamu sesuaikan saat bulan puasa, olahraga juga harus disesuaikan.

BACA JUGA:

Berikut jadwal olahraga selama puasa yang dapat kamu terapkan

Sebelum Buka Puasa

Sebelum buka puasa merupakan saat yang paling tepat untuk berolahraga ringan. Energi yang dipakai untuk olahraga pada waktu ini merupakan energi sisa yang dapat segera diisi kembali saat berbuka.

Setelah Buka Puasa

Jangan langsung makan dengan kenyang saat buka puasa. Badan dan perut juga membutuhkan adaptasi dari seharian lapar kemudian diisi oleh makanan. Setelah melaksanakan ibadah salat tarawih kamu dapat memilih olahraga ringan yang jenis pembentukan. Kamu bisa menggunakan barbel misalnya untuk melatih otot lengan atau melakukan latihan di lantai untuk kaki dan perut bagian samping.

Setelah Sahur

Bila kamu memilih olahraga outdoor, waktu setelah sahur merupakan saat yang paling tepat. Daripada tidur setelah makan sahur, kamu dapat jalan pagi atau jogging pada waktu ini.

Itulah waktu yang baik untuk berolahraga selama Ramadan. Sedangkan jenis olahraga yang dapat diikuti selama Ramadan adalah berikut ini

Jalan dan Jogging

Olahraga ini merupakan pilihan tepat yang dapat dilakukan menjelang buka puasa atau pagi setelah sahur. Bila kamu memilih olah raga ini pada sore hari, kamu dapat melakukannya sambil ngabuburit.

Yoga

Yoga merupakan olahraga indoor yang dapat kamu pilih. Bila kamu baru memulai olahraga ini sendiri, kamu dapat menggunakan chanel yang ada di YouTube. Pilihlah chanel yoga dari level pemula. Jangan lupa lakukan pemanasan sebelumnya.

Sepeda

Bersepeda juga merupakan olahraga outdoor yang seru dilakukan saat bulan puasa. Bersepeda dapat dilakukan setelah sahur dan menjelang buka. bila kamu biasanya memberi takjil dengan menggunakan kendaraan bermotor, kali ini dapat kamu ganti dengan menggunakan sepeda. Pasti lebih seru.

Olahraga selama puasa dapat dilakukan bersama teman maupun sendiri.  Melakukan olahraga saat puasa bersama teman pasti lebih seru dan mengasyikkan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*