SMA Marsudirini Bekasi Tumbuhkan Karakter Bela Rasa di Tengah Pandemi Lewat KKSM 2021




Peserta didik SMA Marsudirini Bekasi melaksanakan Kegiatan Kemasyarakatan SMA Marsudirini Bekasi (KKSM) dengan memasang spanduk edukasi
Peserta didik SMA Marsudirini Bekasi melaksanakan Kegiatan Kemasyarakatan SMA Marsudirini Bekasi (KKSM) dengan memasang spanduk edukasi (KalderaNews/Dok. Humas SMA Marsudirini Bekasi)

BEKASI, KalderaNews.com – Keterbatasan karena pandemi Covid-19 bukan menjadi hambatan untuk bersemainya nilai-nilai kehidupan. Keterbatasan justru menjadi tantangan yang harus dijawab dengan kesungguhan iman.

Oleh sebab itu, agenda tahunan Kegiatan Kemasyarakatan SMA Marsudirini Bekasi (KKSM) untuk menumbuhkan karakter bela rasa peserta didik tetap dilaksanakan, meski dalam format yang berbeda dari biasanya.

Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, KKSM tahun ini dilaksanakan secara online dengan jumlah peserta 286 peserta didik kelas XI 22-26 Maret 2021.

BACA JUGA:

Tema besar KKSM 2021 ini “Aku bersama teman-teman dan masyarakat sekitarku bertumbuh bersama dalam iman, persaudaraan, pelayanan, dan cinta kasih nilai-nilai keutamaan SMA Marsudirini Bekasi”.

Kepala SMA Marsudirini Bekasi, Hubertus Nugroho Sudjatmiko, S. Pd. M. Pd saat pembukaan KKSM Online 2021 menyampaikan bahwa di tengah keterbatasan masa pandemi tema KKSM 2021 mengungkapkan ungkapan iman, kepedulian sebagai bentuk ungkapan persaudaraan, dan bela rasa dengan tindakan nyata sebagai bentuk ungkapan pelayanan.

“Tentunya semuanya itu akan terwujud apabila didasarkan cinta kasih pada sesama,” tandasnya.

Kepala SMA Marsudirini Bekasi, Hubertus Nugroho Sudjatmiko, S. Pd. M.
Kepala SMA Marsudirini Bekasi, Hubertus Nugroho Sudjatmiko, S. Pd. M. Pd (KalderaNews/Dok. Humas SMA Marsudirini Bekasi)

Humas SMA Marsudirini Bekasi, Elisabeth Widiastuti menambahkan secara khusus program bela rasa diwujudkan di lingkup keluarga, tetangga, RT, RW, lingkungan sekitar dan seni budaya.

Secara konkret hal ini dilakukan peserta didik selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan membersihkan rumah atau membantu usaha keluarga, menjaga kebersihan jalan depan rumah, saluran air depan rumah, penerangan jalan depan rumah dan bersilaturahmi dengan tetangga secara online.

Selain itu, penumbuhan bela rasa dikonkretkan pada level edukasi dengan memasang spanduk, menanam tanaman baru, merawat tanaman yang sudah ada hingga membuat kreasi tarian daerah.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*