Trik Mengerjakan Tugas Nirmana Mahasiswa DKV, Jangan Tertinggal Satu Pun!




Tugas kuliah
Ilustrasi: mengerjakan tugas kuliah. (doc. KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Tugas memang menjadi sarana yang tepat untuk melatih keterampilan. Terutama pada jurusan yang lulusannya mengutamakan keterampilan seperti jurusan DKV atau Desain Komunikasi Visual. Salah satu tugas bagi mahasiswa DKV adalah tugas nirmana.

Tugas ini merupakan tugas yang kerap diberikan pada mahasiswa DKV tingkat awal. Sebagian dosen pengajar memahami bahwa tugas ini mungkin memang sulit untuk dipahami karena hal yang baru. Hal ini menyebabkan tugas ini dihindari.

BACA JUGA:

Padahal, tugas nirmana ini mempunyai manfaat penting bagi mahasiswa. Namun, meskipun banyak manfaat yang dapat diraih, tetap saja banyak mahasiswa DKV yang mengerjakannya dengan motivasi yang rendah.

Inilah tip mengerjakan tugas nirmana yang harus disimak agar berhasil

Pahami Prinsip Desain dan Terapkan

Pada saat mendapatkan tugas dan kamu merasa belum memahami hal dijadikan tugas, kamu dapat kembali bertanya pada dosen atau teman sesama mahasiswa DKV atau kakak tingkat. Memahami materi yang belum dikuasai merupakan langkah awal untuk dapat mengerjakan tugas ini dengan baik. Jangan malu bertanya. Bertanya bukan berarti bodoh, kecuali setelah bertanya kamu tidak belajar lagi.

Kembangkan Ide

Setelah mendapatkan tugas, ide pertama yang terlintas itu harus kamu tuangkan langsung. Gali lebih dalam ide yang telah melintas itu. Jangan ada perasaan takut saat menuangkan pengembangan ide dari karyamu itu. Jangan mencari referensi terlebih dahulu sebelum mengembangkan ide.

Berani Berkarya

Bila telah menemukan ide yang tepat, eksplore lebih dalam ide tersebut menjadi beberapa karya lainnya. Keberanian mengembangkan ide dalam karya merupakan sebuah peluang untuk mendapatkan ide baru. Ide tidak ada batasnya.

Sering Latihan

Alah bisa karena biasa merupakan pepatah lama yang masih tetap relevan. Sering berlatih akan mempertajam sense kreatifitas kita. Makin sering berlatih makin mudah bagi kamu untuk memancing ide karya lain .

Detail Adalah Kunci

Seiring dengan latihan pada poin ke-4, latihan melakukan detail pada karya merupakan poin yang sangat penting. Dengan melatih diri untuk membuat karya dengan detail, keterampilanmu tentu makin terasah.

Deadline Membuat Panik

Mengerjakan tugas nirmana saat makin dekat dengan deadline tidak hanya membuat panik, tetapi juga menimbulkan kemacetan ide saat mengerjakan desain secara mendadak. Untuk menghindari hal ini, jangan mengerjakan tugas mendekati waktu pengumpulan yang ditentukan oleh dosen.

Tip dan trik tersebut di atas bila diikuti dengan runut dan lengkap akan membuatmu terbebas dari rasa malas dan enggan dalam mengerjakan tugas kuliah.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*