Yuk Ketahui 3 Perbedaan Jurusan Kimia, dari Teknik Hingga Pendidikan




Ilustrasi: Tip menghafal tabel periodik kimia. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Tip menghafal tabel periodik kimia. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Ada tiga jurusan atau program studi kimia yang dapat dijadikan tujuan memulai karier di bidang ini. Ketiga jurusan tersebut adalah kimia murni, pendidikan kimia, dan teknik kimia. Sebelum memutuskan mendaftar pada salah satu jurusan kimia tersebut, baiknya kamu pahami dulu perbedaan jurusan kimia tersebut.

BACA JUGA:

Yuk kita bongkar perbedaan dari ketiga jurusan tersebut.

Area ilmu dan porsi dalam perkuliahan

Program studi kimia murni akan mempelajari ilmu kimia secara mendasar yang meliputi sifat dan struktur zat serta interaksinya. Mahasiswa kimia murni akan merancang produknya serta memastkan kualitas bahan baku dan melakukan uji coba. Selain itu dapat merumuskan reaksi yang ada dalam proses kimianya.

Selama proses perkuliahan, di program studi ini kamu akan terus belajara mengenai ilmu kimia secara total dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, serta pengembangannya untuk masa depan.

Pada program studi teknik kimia, kamu akan mempelajari rekayasa ilmu kimia yang dapat menghasilkan produk untuk keperluan umat manusia. Lulusannya akan merancang proses dan tahap produksi produk kimia tersebut. Porsi ilmu kimia dalam program studi ini tidak sebanyak jurusan kimia murni.

Di jurusan ini kamu akan mempelajari konsep fisika dan matematika, teknik elektro, teknik mesin serta struktur pabrik. Pada jurusan teknik kimia kamu akan mempelajari kimia dan aplikasinya di dalam industri

Sedangkan pada jurusan pendidikan kimia kamu akan mempelajari bagaimana cara mengajarkan ilmu kimia. Teknik mengajar mata pelajaran kimia yang menyenangkan dipelajari dengan baik di jurusan ini.

Sesuai dengan namanya, dibanding mempelajari detail ilmu kimia, di jurusan pendidikan kimia kamu lebih banyak mempelajari cara mengajarkannya. Perbedaan jurusan kimia dilihat dari materi perkuliahannya dapat diidentifikasi dari nama program studinya, ya.

Pengembangan dan Aplikasinya

Semua bidang ilmu akan terus berkembang selama masih ada peradaban manusia. Sama halnya dengan ilmu kimia. Dilihat dari namanya, jurusan teknik kimia dan pendidikan kimia merupakan program studi yang bersifat aplikatif, di industri dan di bidang pendidikan.

Sedangkan program studi kimia murni lebih banyak melakukan eksplorasi atau pengembangan keilmuan.

Tempat belajar dan gelar

Meskipun sekilas namanya mirip, ketiga program studi ini nyatanya berbeda materi yang dipelajari sehingga nama fakultas juga kemungkinan berbeda. Bila teknik kimia berada di bawah naungan fakultas teknik, maka program studi kimia murni biasanya berada di bawah fakultas MIPA atau fakultas sains dan matematika.

Sedangkan untuk jurusan pendidikan kimia berada di bawah fakultas ilmu pendidikan atau FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

Tidak hanya naungan fakultas yang berbeda, perbedaan jurusan kiima juga akan terlihat dari gelar saat telah lulus. Jurusan kimia murni akan mendapat gelar Sarjana Sains, untuk mahasiswa teknik kimia akan diberi gelar Sarjana Teknik, sedangkan untuk lulusan program studi pendidikan kimia akan mendapat gelar Sarjana Pendidikan.

Perbedaan jurusan kimia ini harus dipahami sebelum memutuskan mendaftar, ya. Agar tidak keliru dengan cita-cita pekerjaan yang telah kamu idamkan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagi pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*