Yuk, Mengenal Jurusan Biokimia Beserta Alasan Memilihnya




Dosen dan Peneliti Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik UGM, Ir. Agus Prasetya, M.Eng.Sc., Ph.D.,
Dosen dan Peneliti Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik UGM, Ir. Agus Prasetya, M.Eng.Sc., Ph.D., (Foto: UGM)

JAKARTA, KalderaNews.com – Istilah kimia pasti sudah biasa kita dengar. Kimia merupakan bagian dari ilmu sains yang terus berkembang untuk kesejahteraan manusia. Sedangkan biokimia merupakan cabang ilmu kimia yang biasnya berada di bawah naungan ilmu kedokteran.

Biokimia tidak hanya disebut sebagai bagian dari MIPA sebab jurusan ini banyak berhuhubungan dengan proses reaksi kimia di dalam tubuh makhluk hidup.

BACA JUGA:

Jurusan biokimia mempelajari molekul yang berperan dalam pendukung metabolisme makhluk hidup dalam bentuk penelitian. Kelak saat mengambil jurusan ini, kamu akan belajar tentang bagaimana memecah biomolekul yang berkaitan dengan perhitungan protein, karbohidrat, asam nukleat, dan lipid atau lemak.

Dalam jurusan biokimia ada tiga bidang konsentrasi yang dapat dipelajari yakni biomolekuler, metabolisme, dan bioanalisis. Syarat mudah memilih jurusan ini adalah kamu harus mempunyai sikap teliti dan kritis, senang melakukan riset serta menganalisisnya, dan bersemangat dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

Berikut ini alasan yang memperkuat memilih jurusan biokimia.

Tertarik pada Ilmu Biologi dan Kimia

Ini merupakan syarat utama memilih jurusan biokimia. Karena merupakan jurusan ini mempelajari ilmu biologi dan kimia, maka syarat memilihnya adalah harus menyukai kedua ilmu tersebut. Ilmu biokimia merupakan ilmu baru hasil gabungan yang menarik untuk dipelajari.

Jurusannya Unik

Jurusan ini tidak banyak tersedia di kampus Indonesia karena tenaga penagajarnya memang harus khusus. Jurusan yang merupakan gabungan antara ilmu kimia dengan biologi ini tentu menarik untuk dikembangkan. Seiring dengan berkembangnya ilmu kedokteran dan sains, tenaga kerja yang terbuka peluang kerjanya.

Suka Melakukan Analisis

Karena nantinya pada jurusan ini akan sering melakukan penelitian, maka jika memilih biokimia harus merupakan orang yang suka melakukan analisis. Hasil dari penelitian yang dilakukan kemudian dianalisis untuk dikembangkan menjadi sebuah teori baru.

Peluang Kerja Banyak

Jurusan baru yang merupakan gabungan beberapa ilmu pasti akan membuka banyak peluang pekerjaan baru. lulusannya akan dibutuhkan oleh banyak perusahaan swasta dan pemerintah. Tidak hanya di dalam negeri, peluang kerja bidang ini juga banyak dicari di manca negara.

Berkarir di Dunia Medis dan Pendidikan

Biokimia merupakan jurusan sains, tetapi peluang kerjanya juga dilirik dunia kedokteran. Ilmu kedokteran yang terus berkembang memerlukan banyak lulusan bidang ini untuk pengembangan teknologi kedokteran.


Perkembangan biokimia tidak hanya dilakukan oleh para ahli kimia. Ilmuwan biologi juga menunjukkan perannya dalam perkembangan biokimia ini. dan ujian masuknya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*