35 Ucapan Selamat Idul Fitri Inspiratif dalam Bahasa Arab Disertai Terjemahannya

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Semarang ini dirancang dalam gaya arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi. Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa, namun di bagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter, ditambah lagi dengan 4 menara masing masing setinggi 62 meter di tiap penjuru
Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Semarang ini dirancang dalam gaya arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi. Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa, namun di bagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter, ditambah lagi dengan 4 menara masing masing setinggi 62 meter di tiap penjuru atapnya (KalderaNews/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Raya Idul Fitri 1442 H atau Lebaran 2021 masih seperti tahun lalu karena harus dirayakan di tengah pandemi Covid-19 (Corona).

Meskipun pemerintah belum secara resmi menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah, namun dalam kalender 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada 13 Mei.

Uniknya, Hari Raya Idul Fitri pada 1 Syawal 1442 Hijriah dan Kenaikan Isa Almasih diperkirakan akan jatuh pada hari yang sama, yaitu 13 Mei 2021

Salah satu tradisi wajib yang masih bisa dilakukan adalah mengucapkan selamat Idul Fitri dan meminta maaf secara daring atau virtual.

BACA JUGA:

Nah, buat yang masih bingung mau ngucapin apa, berikut ini kumpulan terlengkap ucapan Idul Fitri syahdu dalam bahasa Arab yang bisa dikirimkan pada sesama di tengah pandemi Covid-19 (Corona):

  1. Tanqiat alqalb , watathir alruwh, wafath bab almaghfirat ‘an al’akhta’ wal’akhta’ wal’akhta’ alty kanat mawjudatan ‘alaa al’iitlaq (Sucikan hati, bersihkan jiwa, bukakan pintu maaf atas kesalahan, kekhilafan dan kekeliruan yang pernah ada)
  2. Ma’ kull al-hubb, al-barakat, wa-l-salam fi hatha al-yawm al-majid. Eid Fitr sa’id. (Dengan semua cinta, barakah, kedamaian pada hari yang mulia ini, Selamat Idul Fitri)
  3. Taqobalallahu minna wa minkum (Mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita)
  4. La yazal hunak khata damniun, tahadathaan waf’ila. fi hadha alyawm almuqadas, yrja ‘an taghfir (Masih ada salah yang tersirat, terucap, dan terlakukan. Di hari yang penuh kesucian ini, mohonlah dimaafkan)
  5. Taqobalallahu minna wa minkum, taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim (Mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang maha Mulia“.
  6. La yujad ‘amal anbil siwaa altasamuh (Tiada perbuatan yang termulia selain memaafkan)
  7. Kullu ‘aam wa antum bi khayr. Eid Mubarak! (Semoga setiap tahun dirimu berada dalam keadaan yang baik. Selamat Idul Fitri)
  8. Qad qulubuna tulad mn jadid wanazifa. tajanub altajdif min ajl ‘iihbat alkhatiya (Semoga hati kita terlahir kembali dengan suci dan bersih. Hindari perbuatan cela agar bisa menggugurkan dosa)
  9. Salaa Allah’alaa hayatik bisi’adat waftah albab linajah bayn alhin walakhira eyd saeid. (Semoga berkah Allah menghiasi hidupmu dengan kebahagiaan dan membuka pintu sukses saat ini dan seterusnya. Selamat Lebaran)
  10. Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair (Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu semua senantiasa dalam kebaikan)
  11. Daeuna nzf qalbik waruhik waqam bi’iizalat alkhatiyat min jasdik waeaqalak (Mari bersama bersihkan hati, jiwa, dan hilangkan dosa dari dalam tubuh dan pikiran kita)
  12. Asif ‘alaa kl ‘adati alsayia. saeid eyd alfatr. qad nahsul ‘alaa ‘afdal ‘iilham min ramadan hadhih almara (Maaf untuk semua kebiasaan-kebiasaan burukku. Selamat Hari Raya idul fitri. Semoga kita mendapatkan inspirasi terbaik dari Ramadan kali ini)
  13. Qad qulubuna tulad mn jadid wanazifa. tajanub altajdif min ajl ‘iihbat alkhatiya. (Semoga hati kita terlahir kembali dengan suci dan bersih. Hindari perbuatan cela agar bisa menggugurkan dosa)
  14. Mabruk ‘alaa eyd alfitar, taghfir khatayana fi hadha alyawm aleazim (Selamat idul fitri, semoga semua dosa kita diampuni di hari besar ini)
  15. Eidun Mubaarok lakum wa li-‘a’ilatakum! (Selamat Hari Raya Idulfitri untukmu dan keluarga)
  16. Tahiati alharat li’aqrab ‘ayilat , amul ‘an nusbih ‘ashkhas ‘akthar fayidatan. (Salam hangat untuk keluarga terdekat dan semoga kita senantiasa bermanfaat)
  17. La ynbghy ‘an takun alqulub alwaraqiat albayda’ mulawithatan bialtaradud fi musamahat ba’dha alba’ide. (Hati yang seputih kertas jangan dinodai dengan enggan saling memberi maaf)
  18. La yazal hunak khata damniun, tahadathaan waf’ila. fi hadha alyawm almuqadas, yrja ‘an taghfir. (Jika masih ada salah yang tersirat, terucap, dan terlakukan, mohonlah dimaafkan di hari yang penuh kesucian ini)
  19. An tariq alfami walmawqif lays mustayqizaan, yrja futih bab ala’itidhar qadr al’iimkan. (Untuk salah yang pernah ada dan khilaf yang sempat terucap, semoga pintu maaf selalu ada)
  20. Idkum mubarak, kullu ‘aam wa antum bikhair. (Selamat Hari Raya Idulfitri, semoga selalu dalam kebaikan sepanjang tahun)
  21. Kalimat altasamuh walsalat aljayidat namal ‘an tahmi jmye ‘afrad ‘ayilatik fi hadha alyawm aljayd. (Berbagai kata maaf dan doa baik semoga melindungi semua keluargamu di hari baik ini)
  22. Aeyadaan sa’idat, ‘atamanaa ‘an nakum wa’ayilatuna su’ada daymana. (Selamat Hari Raya, semoga kita sekeluarga selalu bahagia)
  23. An alkhata aldhy hadath min ‘ayi waqt madaa wairtakab khata qil, kan albab dayimaan mutawaqa’aan. (Untuk salah yang pernah ada dan khilaf yang pernah terucap, pintu maaf selalu kuharap)
  24. La yujad ‘amal anbil siwaa altasamuh. Happy Eid Mubarok! (Tiada perbuatan yang termulia selain memaafkan. Selamat Hari Raya Idul Fitri)
  25. Mabruk’alaa eyd alfitar, taghfir khatayana fi hadha alyawm aleazim. (Selamat Lebaran, semoga semua dosa kita diampuni di hari besar ini)
  26. Qad yusahib eayilatuk alnaeam walaizdihar walrafahiat fi hadhih aleutla. (Semoga keberkahan, kemakmuran, dan kesejahteraan menyertai keluargamu di hari raya ini)
  27. Altasamuh walsalat aljayidat namal ‘an tahmi jmye ‘afrad eayilatik fi hadha alyawm aljayd. (Berbagai kata maaf dan doa baik semoga melindungi semua keluargamu di hari baik ini)
  28. Qad yusahib ‘ayilatuk alna’am walaizdihar walrafahiat fi hadhih al’utla (Semoga keberkahan, kemakmuran, dan kesejahteraan menyertai keluargamu di hari raya ini)
  29. An alkhata aldhy hadath min ‘ayi waqt madaa wairtakab khata qil , kan albab dayimaan mutawaqa’aan (Untuk salah yang pernah ada dan khilaf yang sempat terucap, pintu ma’af selalu ku harap)
  30. Taqobbalallahu minna wa minkum wa ahalllallahu ‘alaika. (Semoga Allah menerima (amalan) dari kami dan darimu sekalian dan semoga Allah menyempurnakan ibadah kami)
  31. Ja alanallahu wa iyyakum minal aidin wal faizin wal maqbulin, kulla amin wa antum bikhoir. (Semoga Allah SWT menjadikan kita kembali dalam keadaan suci dan termasuk orang-orang yang mendapatkan kemenangan, serta dikabulkan segala doa. Semoga setiap tahun kita senantiasa dalam kebaikan)
  32. Taqabbalallahu minna wa minkum, ja alana minal a idin wal fa izin. (Semoga Allah SWT menerima puasa kita selama satu bulan dan menjadikan kita kembali dalam keadaan suci dan termasuk orang-orang yang mendapat kemenangan)
  33. Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kulla ‘amin wa antum bikhoir. (Semoga Allah SWT menerima puasa kita dan semoga kita senantiasa diberkahi kebaikan)
  34. Tahiati alharat li’aqrab ‘ayilat , amul ‘an nusbih ‘ashkhas ‘akthar fayidatan (Salam hangat yang untuk keluarga terdekat, semoga kita menjadi orang yang lebih bermanfaat)
  35. An tariq alfami walmawqif lays mustayqizaan, yrja futih bab ala’itidhar qadr al’iimkan (Untuk lisan dan sikap yang tak terjaga, mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar- besarnya)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*