Mahasiswa UMN Lintas Prodi Raih Hibah Wirausaha, Solusi Untuk Limbah Lilin




Ilustrasi Universitas Multimedia Nusantara
Ilustrasi Universitas Multimedia Nusantara (KalderaNews.com/Ist)

JAKARTA, Kalderanews.com – Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) lagi-lagi memenangkan hibah kompetisi Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2021. Pemberian hibah berupa modal usaha untuk ide SafeWax ini diadakan Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud.

BACA JUGA:

Ide SafeWax muncul berawal dari lingkungan komunitas gereja yang kerap membuang lilin parafin begitu saja dan tidak layak pakai. Padahal, lilin tersebut masih dapat diolah dan masih memiliki nilai yang bisa berguna bagi masyarakat.

Permasalahan inilah yang diambil sekelompok mahasiswa UMN lintas program studi (prodi) dan angkatan: Kevin Nicholas Tanex (Teknik Elektro angkatan 2018), Nabila Amanda Azahra (Teknik Fisika angkatan 2018), Virino Miracle (Ilmu Komunikasi angkatan 2019), Bella Auditha (Akuntansi angkatan 2019), dan Ivan Johan (Desain Komunikasi Visual angkatan 2017).

Lima mahasiswa ini mendirikan SafeWax yang diharapkan bisa memberikan dampak langsung terhadap lingkungan sekaligus memberi dampak sosial dengan membangun komunitas yang saling mendukung dan memberdayakan lewat sarana edukasi.

SafeWax merupakan usaha rintisan yang berfokus pada kelestarian serta sustainability lingkungan. SafeWax dapat dikategorikan sebagai sociopreneurship yang bergerak di industri kreatif dalam bidang manufaktur. Dengan mengumpulkan limbah sebelum dibuang untuk bahan baku produksi, SafeWax sebagai penerima mengolah limbah lilin menjadi produk yang ramah lingkungan (eco-friendly) dan sustainable berupa lilin scented.

“Awalnya, saya pernah menjadi bagian dari komunitas gereja, tapi pihak gereja sering membuang lilin yang sudah tidak layak pakai. Jadi, daripada dibuang, saya minta lilinnya dan iseng untuk diproses kembali dan saya kembangkan jadi ide bisnis bersama anggota kelompok saya,” cerita Kevin Nicholas Tanex sebagai ketua kelompok SafeWax.

Kevin berharap, ke depan SafeWax bisa memberikan dampak lebih luas untuk lingkungan dan bisa meluaskan anggota dan komunitas untuk dampak yang lebih besar.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*