Begini Aturan PTM Terbatas Mulai Juli 2021, Guru Harus Sudah Divaksinasi

Simulasi Sekolah Tatap Muka di SMPN 1 Surabaya
Simulasi Sekolah Tatap Muka di SMPN 1 Surabaya (KalderaNews/Disdik Surabaya)

JAKARTA, KalderaNews.com – Semua sekolah di Indonesia dapat menggelar pembelajaran tatap muka pada awal tahun ajaran baru 2021/2022. Namun, pembukaan sekolah ini dilaksanakan dengan sangat hati-hati, melihat data lonjakan kasus Covid-19.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa prinsip kehati-hatian dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka itu disampaikan Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA:

“Bapak Presiden mengarahkan bahwa pendidikan tatap muka yang nanti dimulai harus dijalankan dengan ekstra hati-hati,” kata Menkes Budi.

Menkes Budi mengatakan, pembelajaran tatap muka akan dilaksanakan secara terbatas dan bersifat sukarela. Artinya, orang tua yang menentukan anaknya boleh hadir ke sekolah atau tidak.

Maksimal 25 persen

Jumlah siswa yang boleh menghadiri pembelajaran tatap muka di sekolah maksimal 25 persen dari total murid.

Maksimal dua hari dalam seminggu

Jadwal masuk sekolah selama pembelajaran tatap muka terbatas diatur maksimal dua hari dalam seminggu. Jadi, seorang siswa hanya boleh mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah selama dua hari dalam satu minggu. Selebihnya, belajar dari rumah.

Maksimal durasi 2 jam

Durasi pembelajaran tatap muka di sekolah juga dibatasi maksimal dua jam dalam sehari.

Guru harus sudah divaksinasi

Menkes Budi juga mengatakan bahwa semua guru di Indonesia harus sudah divaksinasi sebelum melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah. Maka, dia meminta kepada jajaran pimpinan daerah, untuk memprioritaskan vaksinasi Covid-19 kepada guru, selain juga lansia.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim menargetkan guru, dosen, dan tenaga kependidikan sudah selesai divaksinasi pada akhir Juni 2021.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*