Hari Media Sosial 10 Juni, Inilah Tip Menggunakan Media Sosial dengan Cerdas

JAKARTA, KalderaNews.com – Sejak tahun 2015 masyarakat Indonesia memeringati Hari Media Sosial. Hari Media Sosial lahir dari anggapan bahwa masyarakat Indonesia perlu ditingkatkan kesadaran dan edukasinya dalam bermedia sosial.

Hal ini dimaksudkan agar segala sesuatu yang dilakukan melalui media sosial agar bisa memberikan pengaruh yang positif bagi banyak orang.

BACA JUGA:

Media sosial dapat dipakai untuk membantu berhubugan dan memudahkan segala urusan. Banyak media sosial yang dapat dipakai untuk menjalin interaksi denga banyak orang dari berbagai belahan dunia.

Namun, menggunakan media sosial haruslah tetap bijak dan cerdas. Hal ini untuk menghindarkan pengguna media sosial dari masalah yang tidak perlu muncul.

Inilah tip menggunakan media sosial dengan cerdas

Jangan sembarangan mengunggah

Kebebasan menggunakan internet bukan berarti bebas melakukan unggahan apa pun. Unggahan yang sembarangan dapat melanggar hukum serta mengganggu pihak lain. Banyak hal positif dan baik yang dapat diunggah ketimbang hanya sekadar hal provokatif negatif.

Jangan emosi

Menggunakan emosi yang berlebih akan membuat kita kesulitan mengontrol emosi dalam berkomentar terhadap sebuah topik atau unggahan. Komentar yang terlalu emosional dapat merundung atau bahkan menjelekkan pihak lain. Hal ini harus dihindari.

Menjaga privasi

Mengunggah hal yang bersifat privasi dapat merugikan diri sendiri. Terlebih mengunggah hal privasi orang lain. Alamar rumah, jadwal keseharian, nomor kartu identitas, dan juga nomor kontak pribadi merupakan hal-hal bersifat privasi yang harus dihindari.

Memahami etika

Etika tidak hanya berlaku di kalangan kehidupan sehari-hari. Menggunakan intenet dan media sosial juga diperlukan etika, netiket namanya. Mengendalikan diri dengan car menjaga etika bersosialisasi menggunakan media sosial merupakan hal yang penting.

Cerdas menggunakan waktu

Bermain media sosial memang mengasyikkan. Kita dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk hal tersebut. Namun, larut di dalam kehidupan media sosial dapat membuat kita terganggu secara psikis. Melihat postingan orang lain di media sosial dan membuat kita insecure tentu merugikan diri sendiri.

Oleh karena itu, batasi penggunaan media sosial dengan bijak dan cerdas.

Pakai kemampuan profiling

Hati-hati bila berkenalan dengan orang baru melalui media sosial! Media sosial juga dipakai oleh orang yang ingin berbuat kejahatan dengan cara menipu, misalnya. Jangan muda tergoda dengan obrolan atau rayuan manis yang ternyata merupakan penipu yang dapat merugikan.

Perhatikan saat reshare atau repost

Media sosial merupakan tempat paling potensial untuk menyebarkan informasi. Sayangnya, hal ini juga digunakan oleh pembuat dan penyebar hoaks. Bila suka menyebar kembali sebuah informasi, pastikan informasi yang disebar bukan hoaks atau terkait SARA.

Saat menyebar sebuah informasi pastikan mencantumkan sumber agar terhindar dari tuduhan plagiasi atau mencuri konten orang lain.

Pilah pilih itu tidak salah

Saat menggunakan media sosial, kita berhak dan mempunyai otoritas penuh untuk memilah dan memilih akun-akun yang kita ikuti. Memilih akun dengan vibe positif dalam membuat perkembangan diri lebih baik.

Memilah dan memilih akun yang baik dan positif juga dapat membuat jaringan relasi bertambah.

Delapan tip dan trik dalam menggunakan media sosial tersebut dapat dijadikan acuan dalam berinteraksi dengan sehat di media sosial. Salah satu cara memeringati Hari Media Sosial tahun ini adalah dengan membagi informasi penting ini melalui media sosial yang kamu miliki. Selamat Hari Media Sosial, Warganet Indonesia!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*