Kamu Lulusan IPS, Yuk Merapat, Berikut 8 Prodi yang Sepi Peminat Tapi Menjanjikan




Ilustrasi: Mahasiswa di sebuah kampus. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Mahasiswa di sebuah kampus. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Memilih program studi kuliah pada kenyataannya tidak selalu mudah. Momen ini kadang jutru yang paling sulit.

Nah, bagi kamu yang lulusan SMA jurusan IPS, ada banyak sekali program studi yang ramai peminat. Sebaliknya, ada program studi bagi lulusan IPS yang sepi peminat tapi menjanjikan. Pilihan program studi ini sering kali tak pernah terlintas di benak para lulusan SMA, namun siapa sangka, jurusan ini menjanjikan salary yang menggiurkan.

BACA JUGA:

So, inilah 8 prodi yang bisa kamu pilih:

Bisnis Digital

Di era industri 4.0, program studi Bisnis Digital menjadi jawaban akan kebutuhan karyawan yang memiliki kompetensi mumpuni di bidang bisnis digital. Sayang, jurusan ini justru masih sepi peminat.

Kuliah di jurusan ini, kamu akan belajar banyak mengenai teknologi, bisnis online, startup, marketing digital. Bagi mahasiswa dari Generasi Z, kamu justru akan menyukai bidnag studi ini karena di dalamnya sangat dekat dengan dunia anak muda yang lekat dengan dunia digital.

Ekonomi Kreatif

Prodi Ekonomi Kreatif juga merupakan bidang yang menjanjikan. Mengambil kuliah sepi peminat ini, kamu akan belajar segala sesuatu bagaimana caranya bisa membangun dan mengembangkan segi perekonomian Indonesia dari segi kreatif.

Ekonomi kreatif ini mencakup misalnya bidang bisnis perfileman, bisnis musik, bisnis seni, bisnis yang berbasis gaya hidup anak muda, dan sebagainya.

Administrasi Fiskal

Prodi Administrasi Fiskal kedengarannya memang nggak terlalu familiar dibandingkan dengan jurusan kuliah lainnya. Tapi, kalau kamu tertarik untuk belajar mengenai seluk-beluk pengelolaan aset dan keuangan negara, jurusan ini tepat banget buat kamu!

Di prodi ini, kamu akan belajar mengenai tata kelola kekayaan suatu negara termasuk tentang perpajakan dan kebijakan fiskal. Prospek lulusan jurusan administrasi fiskal, kamu dapat bekerja di pemerintahan khususnya di departemen keuangan.

Selain itu, kamu bisa juga bekerja sebagai dosen, peneliti, pengawas imigrasi dan bea cukai, ahli perencanaan pajak, PNS. Sudah pasti jurusan ini sangat menjanjikan.

Manajemen Perhotelan

Di prodi Manajemen Perholetan, kamu akan belajar segala hal tentang perencanaan, pengelolaan, manajemen, sampai pengawasan perhotelan. Untuk prospek kerjanya kamu gak perlu khawatir sebab Indonesia adalah satu negara tujuan wisata, sehingga prospek bisnis perhotelan pasti akan terus berkembang.

Karier jurusan manajemen perhotelan terbuka luas, seperti perencana meeting, manajer hotel, food service manager, manajer penginapan, kepala koki, dan lain-lainnya.

Filsafat

Prodi Filsafat sebenarnya tidak saja bagi lulusan SMA IPS, lulusan IPA pun dapat mendaftar jurusan ini. Jurusan ini sepi peminat, namun bukan berarti lulusan filsarat tidak memiliki prospek masa depan.

Mengambil jurusan ini, kamu akan dikenalkan dengan pemikir-pemikir besar dunia barat dan timur. Tujuan prodi ini untuk membentuk mahasiwa memiliki cara berpikir yang jernih.

Kamu juga akan mempelajari tentang sifat dasar manusia dan hubungannya dengan realitas di masyarakat. Prospek karier jurusan ini diantarnaya bisa di menjadi pengamat, konselor, psikoterapis, jurnalis, penulis buku, bahkan sampai pejabat di pemerintahan.

Data Manajemen

Program studi Data Manajemen memiliki prospek kerja yang sangat menjanjikan, apalagi di era Industri 4.0 saat ini. Data merupakan salah satu kebutuhan pokok yang paling rahasia dan penting bagi sebuah perusahaan.

Di sini, kamu akan banyak mempelajari tentang bagaimana mengolah data. Misalnya data tentang gaya hidup masyarakat, data tentang kecenderungan pandangan politik masyarakat, dan banyak lagi.

Sayang jurusan ini masih sedikit ditawarkan dan peminatnya juga sedikit. Prospek karier jurusan ini adalah menjadi analis data atau pengumpul data. Banyak perusahaan yang rela membayar mahal untuk seorang yang memiliki kompetensi di bidang ini.

Kriminologi

Program Studi Kriminologi fokus mempelajari teori dan praktik tindak kriminal. Lingkup studi prodi ini mencakup nasional maupun internasional. Program studi ini akan sangat cocok bagi kamu yang tertarik dengan dunia hukum.

Jurusan ini masih jarang yang mendalami padahal prospek karier jurusan ini sangat menjanjikan. Seorang kriminolog memiliki peluang untuk berkarier menjadi detektif dan investigator swasta, analis intelijen, staf identifikasi dan rekam jejak kepolisian.

Bisnis Fesyen

Pakaian adalah kebutuhan utama manusia. Karena alasan inilah maka ada prodi Bisnis Fesyen. Bahkan semakin kesini dunia fashion menjadi salah satu yang dibutuhkan oleh orang banyak.

Di prodi Bisnis Fashion kamu akan mempelajari tentang bagaimana mengatur bisnis dan perilaku konsumen pada trend fesyen saat ini. Prospek kerja yang bisa kamu dapatkan adalah bisa menjadi seorang visual merchandiser, wirausaha fashion, fashion stylist, dan designer terkenal.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*