Sediakan Kudapan Sehat di Rumah, Hindari Anak dari Obesitas




SMKN 4 Surakarta mengadakan pelatihan pengolahan kudapan sehat berbasis pangan lokal
SMKN 4 Surakarta mengadakan pelatihan pengolahan kudapan sehat berbasis pangan lokal. Dok SD Muhamadiyah 1 Surakarta. (KalderaNews.com/Ist.)

SURAKARTA, KalderaNews.com – Di masa pandemi, anak-anak sekolah belajar di rumah. Dalam situasi ini, anak-anak akan cenderung banyak ngemil.

Maka, dibutuhkan asupan kudapan yang bergizi dan murah untuk dibuat. Nah melihat hal ini, SMKN 4 Surakarta mengadakan pelatihan pengolahan kudapan sehat berbasis pangan lokal. Pelatihan ini diadakan untuk memenuhi kebutuhan kudapan dalam lingkup keluarga.

BACA JUGA:

Direktur program SMKN 4 Surakarta, Gita Pertiwi Titik Eka Sasanti mengungkapkan, kebiasaan makan kudapan atau ngemil berpotensi membuat anak menjadi gemuk dan obesitas. Kondisi badan yang gemuk akan berdampak pada penyakit degeneratif (hipertensi, jantung, diabetes melitus).

“Padahal, di rumah, seorang ibu bisa membuat kudapan sendiri dengan bahan-bahan lokal. Bahan ini bergizi dan murah,” ujar Gita.

Gita berharap pelatihan yang dibuat di sekolahnya akan menambah pengetahuan dan keterampilan tentang kudapan sehat berbasis pangan lokal.

Salah satu peserta dari tim Kantin Sehat SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Iin Tri menuturkan, pelatihan ini bermanfaat untuk dapat memproduksi makanan sehat bagi anak-anak.

“Pelatihan semacam ini bisa membuat keterampilan memasak menjadi fresh dan mampu memberikan nilai positif. Ini sangat penting bagi sekolah yang memiliki kantin sehat,” kata Iin.

Selain SD Muhammadiyah, pelatihan ini juga diikuti dari beberapa sekolah di sekitar Kota Surakarta.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*