Ternyata, Ada Banyak Jalur Pendaftaran Kuliah di IT Telkom Purwokerto

Mahasiswa di IT Telkom Purwokerto
Mahasiswa di IT Telkom Purwokerto (KalderaNews/Dok. ITTP)

PURWOKERTO, KalderaNews.com – Kuliah harus menjadi pertimbangan bagi lulusan SMA/MA/SMK jika ingin meningkatkan kesiapan kapasitas diri untuk menghadapi persaingan. Pengetahuan terus berkembang, teknologi terus bergerak maju, dan generasi muda tentunya harus mengimbanginya dengan kesiapan skill dan mental.

Generasi muda harus berani menatap masa depannya dengan optimisme. Masih banyak kesempatan dan peluang yang dapat diraih meski dalam kondisi keterbatasan. Kondisi pandemi sekalipun tidak boleh menyurutkan semangat untuk terus berupaya gapai kesuksesan masa depan.

“Saya ingin anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya, dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri. Karenanya, kementerian ini secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan merdeka belajar,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam sambutan di Hari Pendidikan Nasional.

BACA JUGA:

Dengan slogan “Kuliah Memukau dengan Biaya Terjangkau”, Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) memberikan kesempatan yang luas bagi generasi muda Indonesia untuk membuka gerbang masa depannya melalui 11 program studi yang dibuka, yakni D3 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Biomedis, S1 Teknik Informatika, S1 Sistem Informasi, S1 Software Engineering, S1 Sains Data, S1 Teknik Industri, S1 Desain Komunikasi Visual, dan S1 Teknik Logistik.

Kuliah yang berkualitas tidak harus mahal. Sehingga, para generasi muda tidak perlu khawatir mengenai biaya yang tinggi. Dengan kualitas standar Telkom Grup, Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui beberapa jalur pendaftaran yang bisa dipilih oleh siswa.

Kemudahan dalam proses pendaftaran maupun seleksi juga akan menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih kampus tujuan. Hal ini dikarenakan siswa biasanya akan mengikuti seleksi di lebih dari 1 kampus, bahkan mendaftar di beberapa jalur seleksi sebagai alternatif. Hal ini wajar mengingat ketatnya persaingan dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru. Beberapa jalur pendaftaran berikut akan memberi peluang dan alternatif bagi pada siswa untuk dapat bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Telkom Grup.

Jalur Prestasi Siswa (JPS)

Merupakan jalur pendaftaran yang menggunakan seleksi nilai rapor semester 1 – 5 dengan nilai rata-rata minimal 70 untuk 3 pelajaran: Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Jalur ini tidak ad ates/ujian, dan seleksi hanya berdasarkan nilai rapor. Terbuka bagi lulusan SMA/MA/SMK tahun 2018, 2019, 2020, dan 2021.

Jalur Nilai Tryout (JNT)

Ini adalah jalur pendaftaran kuliah di IT Telkom Purwokerto melalui seleksi nilai TryOut dari RuangGuru, Pahamify, MasukKampus, dan Quipper dengan nilai rata-rata minimal 400. Tidak ada tes/ujian untuk jalur ini. Nilai tryout yang dipakai bisa dari Saintek atau Soshum.

Jalur Beasiswa Muda (JBM)

Jalur ini dibuka diperuntukkan bagi siswa yang menginginkan ragam pilihan beasiswa karena di jalur ini ada berbagai macam beasiswa: Beasiswa Atlit Muda, Beasiswa Hafidz Quran, Beasiswa Influencer Muda, Beasiswa Tokoh Organisasi Muda, Beasiswa Saintis Muda, dan Beasiswa Spirit Muda. Jalur ini seleksinya menggunakan nilai rapor semester 1 – 5 dengan nilai rata-rata minimal 70 untuk 3 pelajaran: Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris disertai syarat sesuai beasiswa yang dimaksud.

Ketiga jalur pendaftaran tersebut akan berakhir pada 17 Juni 2021, tepat 3 hari setelah pengumuman SBMPTN 2021. Biaya pendaftaran Rp. 250.000 pendaftar bisa ambil 3 program studi pilihan. So, alangkah baiknya untuk segera mendaftar karena daftar makin awal makin baik dan peluang diterima lebih besar karena kuota masih mencukupi.

Jalur Kompetisi Beasiswa

Selanjutnya, ada Jalur Kompetisi Beasiswa yang dibuka berkat Kerjasama antara IT Telkom Purwokerto dengan Pahamify. Kompetisi dibuka 3 Mei – 19 Juni 2021, ujian online dilaksanakan pada 23 Juni 2021 secara online melalui aplikasi atau website Pahamify. Pendaftaran kompetisi ini GRATIS dan bisa diikuti oleh semua siswa atau lulusan SMA/MA/SMK tahun 2018, 2019, 2020, dan 2021. Link pendaftaran kompetisi beasiswa: https://ittp.link/KompetisiBeasiswa. Biaya pendaftaran GRATIS.

Jalur Beasiswa FON

Beasiswa ini diberikan kepada semua pengurus OSIS di seluruh Indonesia. Pemberian beasiswa ini hasil kerjasama antara IT Telkom Purwokerto dengan Forum OSIS Nusantara (FON). Jalur ini dibuka 22 Mei – 22 Juli 2021 dengan seleksi berbasis nilai rapor dan dokumen pendukung: kartu pelajar, sertifikat/piagam prestasi (jika ada), pernyataan keaslian dokumen, surat keterangan sebagai pengurus OSIS, dan daftar Riwayat hidup. Link pendaftaran Beasiswa FON: https://ittp.link/DaftarBeasiswaFON. Biaya pendaftaran GRATIS

Tentu ini menjadi kesempatan besar bagi generasi muda untuk memulai membuka gerbang masa depannya. Dengan biaya semesteran antara 4.500.000 sampai 6.000.000 (tergantung program studi) sudah termasuk biaya SKS, ujian, praktikum, bahkan layanan Kesehatan Telkomedika. Dan biaya awal masuk berkisar antara 13.500.000 – 18.500.000 yang bisa dibayarkan secara bertahap sesuai ketentuan menjadi sebuah peluang bagi milenial untuk kuliah di Kampus Telkom dengan biaya yang terjangkau.

“Saya sangat bangga menjadi alumni IT Telkom Purwokerto. Pengetahuan dan pengalaman yang saya peroleh selama kuliah telah mengantarkan saya menuju karir sebagai Service Manager di Indosat Oreedo”, papar Arie Budi Prasojo sebagai salah satu alumni.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online maupun datang langsung ke Sekretariat Pendaftaran Mahasiswa Baru IT Telkom Purwokerto Jl. D.I. Panjaitan No. 128 Purwokerto – Jawa Tengah. Informasi dan pendaftaran: https://pmb.ittelkom-pwt.ac.id/ atau dapat juga diupdate melalui Instagram: https://www.instagram.com/join_ittp/. Menjadi mahasiswa atau alumni kampus Telkom merupakan sebuah kebanggan tersendiri.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*