Trik Mendapatkan Beasiswa dari Bianca Kartika, Scholarship Hunter Ini, Wajib Kamu Tahu

beasiswa, bianca kartika, aperti bumn
Bianca Kartika berbagi trik mendapatkan beasiswa di acara Launching Beasiswa APERTI BUMN, Sabtu, 12 Juni 2021 (KalderaNews.com/Lita Mayasari)

SURABAYA, KalderaNews.com – Beasiswa APERTI BUMN telah dilauching pada Sabtu, 12 Juni 2021 secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom selama kurang lebih empat jam.

Kegiatan yang berlangsung secara interaktif tersebut selain berisi penjelasan mengenai jadwal pendaftaran beasiswa, juga terdapat talkshow tentang trik mendapatkan beasiswa.

Dalam talkshow tersebut hadir Bianca Kartika, peraih beasiswa dari pemerintah Korea, Global Koraea Scholarships, yang sekarang sedang menempuh pendidikan jenjang master internasional bisnis di salah satu perguruan tinggi di Seoul, Korea Selatan.

BACA JUGA:

Bianca membagikan pengalamannya kuliah di Korea Selatan tentang skema penerimaan dan proses administrasinya yang mirip dengan kampus di Indonesia. Yang membedakan adalah proses belajar, menurutnya di Indonesia lebih banyak teori, sementara di Korea mahasiswa diperbolehkan melakukan praktik langsung dengan teman sekelas.

Lulusan S1 Hukum dari salah satu perguruan tinggi di Indonesia ini juga menjelaskan bahwa kampus di Korea Selatan menurutnya lebih memberikan support kepada mahasiswa.

Iaa mengambil contoh untuk mahasiswa jurusan broadcasting, dari kampus disediakan fasilitas untuk meminjam kamera, tripod, dan peralatan yang diperlukan untuk broadcast.

Bianca juga menceritakan tentang perbedaan perkuliahan saat pandemi, dimana perkuliahan tergantung dengan kebijakan kampus dan area masing-masing. Masih ada kampus yang memberikan perkuliahan secara daring dan sudah ada yang kuliah secara offline.

Bianca Kartika sendiri merupakan YouTuber dengan subscriber sebanyak 842 ribu. Kanalnya membahas tentang travel, gaya hidup, dan kecantikan. Bianca Kartika Putri, nama lengkap Bianca Kartika, memulai menjadi kreator konten sejak 2018, sejak sebelum mendapatkan beasiswa dari pemerintah Korea Selatan.

Dalam talkshow yang dimoderatori Pritasari Palupaningsih dari Institut PLN, Bianca juga menyampaikan bahwa dia merupakan Army BTS. Selain YouTuber, Bianca juga merupakan selebgram dengan follower mencapai 345 ribu.

Beberapa tip dan trik mendapatkan beasiswa yang disampaikan oleh Bianca untuk scholarship hunter dari Indonesia yang pertama adalah memilih circle yang positif.

Menurutnya circle yang positif ini penting untuk mendukung cita-cita dan menjaga semangat yang sama. Pengalaman memilih circle yang positif ini didapat Bianca saat mengikuti kursus Bahasa Inggris di Pare, Kediri untuk menambah kemampuan berbahasanya.

Trik mendapatkan beasiswa berikutnya adalah menyiapkan prestasi. Saat mengajukan pendaftaran beasiswa pasti mengisi curriculum vitae­. Prestasi diperlukan untuk mengisi cv tersebut. Selain itu, saat wawancara beasiswa harus disiapkan dengan baik. Caranya adalah dengan berusaha tetap tenang dan latihan berbicara sendiri di depan cermin.

Trik mendapatkan beasiswa yang disampaikan dalam acara Launching Beasiswa APERTI BUMN tersebut mudah diaplikasikan oleh para scholarship hunter.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*