Beasiswa UPT JPD Yogyakarta, Terbuka untuk Semua Siswa SD dan SMP

Para Pelajar SMP Katolik Kuala Dua, Dusun Kuala Dua, Kuala Dua, Kecamatan Kembayan, Sanggau, Kalimantan Barat
Peserta didik di SMP Katolik Kuala Dua, Dusun Kuala Dua, Kuala Dua, Kecamatan Kembayan, Sanggau, Kalimantan Barat sedang belajar di rumah (KalderaNews/JS de Britto)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta memberikan beasiswa prestasi tingkat kelurahan bagi peserta didik jenjang SD dan SMP. Rencana, beasiswa ini akan diberikan melalui UPT Jaminan Pendidikan Daerah (UPT JPD).

Kepala UPT JPD Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Mannarima mengatakan, beasiswa prestasi ini diperuntukkan bagi seluruh peserta didik yang berdomisili di Kota Yogyakarta. Ia menjelaskan, beasiswa ini berlaku bagi pemilik Kartu Menuju Sejahtera (KMS) maupun tidak.

Pemberian beasiswa ini juga sejalan dengan Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 34 Tahun 2021 tentang Pedoman Pemberian Beasiswa Prestasi. Mannarima berharap pemberian beasiswa ini akan memberi semangat dan motivasi bagi siswa.

BACA JUGA:

Pemberian beasiswa ini dilaksanaan dengan melakukan seleksi hasil nilai Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) di tingkat kelurahan. Seleksi beasiswa ini juga dibedakan antara pemegang KMS dan bukan pemegang KMS.

Beasiswa bisa didapatkan untuk jenjang SD/MI dan SMP/MTs masing-masing peringkat 1 dan 2. Untuk jenjang SMP, Mannarima menjelaskan, untuk peserta didik pada jenjang SMP/MTS peringkat pertama akan diberikan beasiswa prestasi sebesar Rp 1,4 juta dan peringkat kedua sebesar Rp 1,2 juta.

Cara mengikuti

Untuk turut serta dalam kompetisi perolehan beasiswa prestasi, peserta didik atau yang mewakilkan dapat mengumpulkan berkas persyaratan ke UPT JPD. Peserta atau orang tua dapat mendatangi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta di Jalan Hayam Wuruk No. 11 Kota Yogyakarta.

Beberapa berkas yang harus dikumpulkan adalah 1 lembar fotokopi hasil ASPD yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Berkas ini harus dilegalisir oleh sekolah. Peserta juga diminta mengumpulkan 1 lembar fotokopi KK/C1, serta 1 lembar fotokopi KMS bagi yang memiliki.

Apabila sudah terkumpul, berkas ini dimasukkan ke dalam stopmap berwarna merah untuk jenjang SD. Untuk jenjang SMP panitia beasiswa mensyaratkan menggunakan stopmap berwarna biru.

Pada sampul stopmap dapat dituliskan nama, nomor handphone yang aktif dan nama kelurahan. Pengumpulan berkas mulai 12 Juli 2021 sampai 21 Agustus 2021.

Hasil seleksi akan diumumkan 25 Agustus 2021 di UPT JPD. Untuk info lebih jelas, calon penerima beasiswa dapat melihat akun Facebook UPT JPD Kota Yogyakarta.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*