Inilah 8 Universitas Swasta Terbaik 2020 di Jatim Versi Kemendikbud




Ilustrasi: Universitas Kristen Petra (UK Petra). (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Universitas Kristen Petra (UK Petra). (KalderaNews.com/Ist.)

SURABAYA, KalderaNews.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi merilis klasterisasi perguruan tinggi berkualitas di Indonesia tahun 2020. Bagi calon mahasiswa dan orangtuanya, informasi universitas swasta terbaik di Jatim ini penting untuk memilih kampus tempat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Penilaian dari Kemendikbud terhadap universitas swasta terbaik ini dilihat dari empat faktor, yakni mutu sumber daya manusia dan mahasiswa sebagai input, pengelolaan kelembagaan universitas sebagai proses, capaian kinerja jangka pendek, dan capaian kinerja jangka panjang.

BACA JUGA:

Inilah 8 universitas swasta terbaik di Jawa Timur versi Kemendikbud:

Universitas Kristen Petra, Surabaya

Universitas Kristen Petra telah memiliki jenjang S-1 hingga S-3 yang terakreditasi A oleh BAN-PT. Kampus ini didirakan pada 1961 dan memiliki mahasiswa sekitar lebih dari 10 ribu orang. Untuk jenjang sarjana terdapat sejumlah program, seperti Faultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri , Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Fakultas Seni dan Desain, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Universitas Surabaya (Ubaya), Surabaya

Perguruan tinggi ini kerap disingkat dengan Ubaya, memperoleh akreditasi A dari BAN-PT pada 2015. Kampus ini berdiri pada 1968 ini terkenal dengan program studi yang terkait bidang kesehatan. Program studi pada jenjang S-1 di kampus ini antara lain: Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik dan Fakultas Industri Kreatif.

Universitas Islam Malang, Malang

Berdirinya Unisma diawali oleh cendekiawan muslim di kalangan Nahdlatul Ulama pada 1981. Fakultas untuk program sarjana di kampus ini antara lain: Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Huum, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas MIPA, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan serta Fakultas Teknik.

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Surabaya

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya merupaka salah satu PTS di Surabaya yang berada di bawah pengelolaan Keuskupan Surabaya yang berdiri 1960. Program sarajan yang tersedia di kampus ini adalah fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidian, Fakultas Farmasi, Fakultas Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Teknik Pertanian, Fakultas Psikologi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Filsafat, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Kewirausahaan, dan Fakultas Vokasi.

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Malang

UMM merupakan salah satu PTS terkemuka yang berdiri sejak tahun 1964. Seperti namanya, kampus ini berafiliasi dengan Muhammadiyah. PTS yang disebut juga Kampus Putih ini mempunyai Fakultas Agama Islam, FISIP, Fakultas Ekonomi dan BIsnis, FKIP, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Kedokteran.

Universitas Merdeka Malang, Malang

Perguruan tinggi swasta ini sering disebut sebagai kampus swasta tertua di Malang karena berdiri sejak 5 Juli 1964. Fakultas yang tersedia di sana antara lain: Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, FISIP, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Surabaya

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya sering dikenal dengan nama Untag, merupakan PTS di Surabaya yang berdiri pada 17 Agustus 1958. Kampus ini memiliki Fakultas Huum, FISIP, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi dan Fakultas Sastra.

Universitas Ciputra Surabaya, Surabaya

Universitas Ciputra atau yang lebih sering dikenal dengan kependekan UC merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya yang berdiri pada 7 Februari 1990. Jenjang S-1 yang tersedia di kampus ini antara lain Fakultas Manajemen dan Bisnis, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Psikologi, Fakultas Pariwisata, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Media Bisnis, serta Fakultas Kedokteran.

Dari 8 universitas swasta terbaik di Jatim versi Kemendikbud ini, manakah yang menjadi favoritmu?

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*