Inilah Logo, Tema, dan Rangkaian Perayaan Hari Pramuka ke-60, 14 Agustus 2021

JAKARTA, KalderaNews.com – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka secara resmi meluncurkan Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka. Hari Pramuka akan diperingati pada 14 Agustus 2021.

Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka dirancang oleh Kak R. Andi Widjanarko, Andala Nasional Komisi Kehumasan. Dalam logo ini tertera slogan “Berbakti Tanpa Henti” yang menyiratkan semangat Pramuka untuk terus berbakti tanpa henti di segala bidang.

BACA JUGA:

Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka tersebut ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Kwarnas Nomor 27 Tahun 2021 yang dikeluarkan pada 23 Februari 2021 lalu.

Inilah makna dari logo 60 Tahun Gerakan Pramuka:

  • Warna merah berarti berani dan kesatria, sedangkan putih berarti rela dan tulus dalam berbakti.
  • Angka 60 melambangkan tahun keenam puluh hadirnya Gerakan Pramuka, dengan angka “6” yang tangkainya berkombinasi daun nyiur yang menunjukkan kecintaan Pramuka pada tanah air.
  • Lambang WOSM di tengah angka “0” menunjukkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di lndonesia dan satu-satunya yang diakui oleh organisasi kepanduan dunia.

Untuk memperingati Hari Pramuka, maka bulan Agustus ditetapkan sebagai Bulan Bakti Pramuka. Beberapa kegiatan telah dirancang untuk merayakan Hari Pramuka, seperti vaksinasi Covid-19 secara nasional pada 3 Agustus mendatang. Selain itu ada pula pembagian bantuan pencegahan Covid-19 dan donor darah.

Sementara apel besar Hari Pramuka digelar di halaman Istana Bogor pada 14 Agustus 2021 pukul 16.00 WIB. Khusus dalam peringatan Hari Pramuka ke-60 ini akan dilakukan peletakan batu pertama Museum Pramuka (Museum Bapak Pramuka lndonesia Hamengkubuwono lX).

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*