Robot Kurir, Atasi Kontak Fisik Selama Pandemi dari Honda

robot kurir, honda, rakuten,
Robot kurir buatan Honda yang bekerja sama dengan Rakuten. (KalderaNews/*Ist)

TOKYO, KalderanNews.com – Pengiriman barang melalui kurir, baik dalam maupun luar kota mengalami peningkatan saat pandemi. Ketika banyak orang harus berdiam di rumah, belanja pun digantikan belanja secara online dengan menggunakan jasa kurir. Namun, ada sedikit kekhawatiran juga bahwa kurir yang mengantarkan pesanan juga membawa virus. Honda menyiasati permasalahan ini dengan menciptakan robot kurir.

Demonstrasi percobaan robot kurir ciptaan Honda Motor Co.,Ltd dan Rakuten Group Co.,Ltd ini mulai dilakukan sejak 19 Juli hingga 31 Agustus mendatang, bertempat di sekitar asrama Universitas Tsukuba dan beberapa jalan umum sekitarnya.

BACA JUGA:

Robot kurir yang dibuat oleh Honda dan bekerja sama dengan Rakuten tersebut selain dapat mengirimkan barang juga ramah lingkungan. Ide pengembangan robot kurir ini berawal dari turunnya angka kelahiran dan populasi orang tua yang meningkat di Jepang selama pandemi ditambah berkurangnya tenaga kerja pengiriman atau kurir.

Pengembangan robot kurir ini memanfaatkan teknologi robotika yang telah diteliti oleh Honda selama bertahun-tahun dengan pengetahuan layanan pengiriman dari Rakuten. Pada pengembangan proyek ini, Honda mempunyai peran dalam pengembangan pesawat dan sistem serta pemeriksaan spesifikasi dan melakukan demonstrasi teknis.

Robot kurir ini juga dilengkapi dengan kotak pengantaran produk yang dikembangkan oleh Rakuten  pada sasis yang dilengkapi dengan fungsi pengantaran otomatis. Bagian ini dikembankan oleh Honda dengan menggunakan teknologi Honda Mobile Power Pack yang digunakan sebagai sumber daya.

Demonstrasi dan percobaan yang dilakukan ini juga didukung oleh New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO). Honda berencana terus berkontribusi untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang berkelanjutan dengan memecahkan masalah sosial melalui penggunaan teknologi robotika dan penggunaan energi terbarukan.

Rakuten sendiri merupakan sebuah perusahaan internet dan perdagangan eletronik di Jepang yang berpusat di Tokyo. Perusahaan ini berdiri sejak Februari 2017. Pada 2005 Rakuten mulai berkembang di luar Jepang dan berkembang di banyak negara termasuk Amerika Serikat.

Sekarang Rakuten Group telah memiliki 40 bisnis dan layanan yang terbagi menjadi: ritel daring, perbankan, kredit dan pembayaran, portal dan media, travel sekuritas, olahraga professional, serta hiburan.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*