Sebanyak 36 Ribu Pelajar di Kulon Progo akan Menerima Vaksin Covid-19 di Awal Agustus




Ilustrasi: Vaksinasi Covid-19 untuk pelajar. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Vaksinasi Covid-19 untuk pelajar. (KalderaNews.com/Ist.)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Di Kulon Progo, Yogyakarta, sebanyak 36.156 pelajar tingkat SMP hingga SMA akan segera mendapatkan vaksin Covid-19 jenis Sinovac. Program ini akan dilakukan mulai pekan pertama Agustus 2021.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati menyampaikan, vaksinasi ini akan mencakup semua sekolah baik negeri maupun swasta di wilayah Kulon Progo. Ia berharap, setelah program ini tuntas para siswa dapat memiliki imunitas terhadap Covid-19 dan dapat memulai pembelajaran tatap muka.

“Ini akan dimulai minggu pertama Agustus. Kita akan melakukan vaksinasi kepada anak-anak usia 12-18 tahun. Target sasarannya sebanyak 36.156 terdiri dari siswa SMP 15.151, SMA dan SMK 16.056 dan sekolah di bawah tanggung jawab Kementerian Agama meliputi MA dan MTS, 4.949 siswa,” ungkap Baning.

BACA JUGA:

Vaksinasi Covid-19 untuk pelajar ini akan dilakukan secara bertahap. Baning menerangkan, proses vaksinasi dijalankan bersamaan dengan vaksinasi untuk kalangan lain di Kulon Progo.

Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo, Sri Budi Utami mengatakan, vaksinasi kepada pelajar ini merupakan tindak lanjut atas keputusan Kementerian Kesehatan. Apabila ini tuntas, maka akan menambah daftar kalangan penerima vaksin di Kulon Progo.

“Sesuai instruksi Kemenkes yang membolehkan vaksinasi kepada anak, maka kami di daerah juga akan melakukannya. Kegiatan ini akan dilakukan mulai Agustus,” ujar Sri.

Data dari Dinkes Kulon Progo mencatat, saat ini total target sasaran vaksinasi Covid-19 di wilayah ini sebanyak 335.122 orang. Dari jumlah itu, 70.606 orang sudah menerima dosis pertama. Ini berarti sekitar 21,07 persen dari total sasaran. Untuk dosis kedua, vaksinasi di daerah ini baru menyasar 30.349 orang atau berkisar 9,06 persen.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*