Yuk Mengenal 10 Universitas Terbaik di Dunia, Mana Kampus Impian Kamu?

Massachusetts Institute of Technology
Ilustrasi: Massachusetts Institute of Technology

JAKARTA, KalderaNews.com – Lembaga pemeringkatan universitas, QS World University Rankings (WUR) 2022 telah merilis kampus terbaik dunia. QS WUR memberikan analisa terhadap 1.300 perguruan tinggi top dunia yang berada di 97 lokasi.

Pemeringkatan QS WUR memakai beberapa indikator, yakni Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Faculty, Faculty/Student Ratio, International Faculty Ratio, dan International Student Ratio.

BACA JUGA:

Dan inilah 10 universitas terbaik di dunia yang bisa jadi impian kamu untuk berkuliah di sana:

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology merupakan perguruan tinggi sekaligus institusi riset swasta yang berlokasi di Cambridge, tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Bay, Boston, Amerika Serikat.

MIT didirikan ilmuwan bernama William Barton Rogers pada tahun 1861 untuk menjawab kemajuan teknologi serta industri yang sedang berkembang di Amerika Serikat. MIT mulai dibuka pada 1865.

Massachusetts Institute of Technology memiliki 5 departemen utama, yaitu The Department of Architecture, The Department of Urban Studies and Planning, The Media Laboratory, The Center for Real Estate, dan The Program in Art, Culture and Technology.

MIT menawarkan 44 gelar sarjana di 5 sekolah tersebut dengan berbagai kajian ilmu, seperti Teknik Sipil, Arsitektur, Perencanaan Tata Kota, Teknik Mesin, Elektro, Metalurgi, Ilmu Komputer, Biologi, Rekayasa Biologi, Fisika, Aeronautics, Matematika, Sistem Rekayasa, Sains dan Teknologi Nuklir, Desain dan Optimasi, Antropologi, Linguistik, Kesehatan dan Teknologi, Politik, Sejarah, hingga Ekonomi Bisnis.

Untuk program pasca sarjana, Massachusetts Institute of Technology menawarkan program doktor komprehensif dengan berbagai gelar akademis.

University of Oxford

University of Oxford merupakan kampus tertua berbahasa Inggris yang berlokasi di kota Oxford, Inggris. Tanggal pendirian kampus ini tidak jelas. Tapi, menurut cerita warga lokal, setelah pecah kerusuhan antara mahasiswa dan penduduk kota pada tahun 1209, beberapa akademisi Oxford melarikan diri ke timur laut, ke kota Cambridge, dan mendirikan universitas di Cambridge.

Artinya, University of Oxford lebih tua daripada University of Cambridge. Kedua universitas “tua” ini tak pernah berhenti bersaing.

Oxford telah melahirkan banyak ilmuwan terkemuka, dan 58 penerima Hadiah Nobel pernah belajar atau memiliki afiliasi dengan Universitas Oxford.

Stanford University

Ini adalah universitas swasta yang terletak sekira 60 kilometer di tenggara San Francisco, Amerika Serikat. Beberapa program studi unggulan dari kampus ini adalah Teknik, Hukum, Kedokteran, Pendidikan, Bisnis, Ilmu bumi, Humaniora, serta Sains.

Stanford didirikan Gubernur California, Senator dan Pimpinan Partai Republik, Leland Stanford dan istrinya, Jane Stanford. Universitas ini diberi nama untuk menghormati anak tunggal mereka, Leland Stanford, Jr. yang meninggal dunia karena tipus beberapa hari menjelang ulang tahunnya yang ke-16.

University of Cambridge

Universitas tertua kedua di Inggris ini memiliki persyaratan masuk yang paling ketat di Britania Raya, dan salah satu yang paling ketat di dunia. Kampus ini didirikan oleh perhimpunan sarjana di kota Cambridge pada medio 1209. Para sarjana ini merupakan jebolan kampus sebelah, University of Oxford.

Para ilmuwan dari University of Cambridge atau yang pernah berafiliasi telah memenangkan 80 Penghargaan Nobel,

Harvard University

Ini merupakan universitas swasta di Massachusetts, Amerika Serikat dan anggota Ivy League. Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik dunia. Harvard University didirikan pada 8 September 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat.

Mula-mula, bernama New College, tepia lantas diganti menjadi Harvard College pada 13 Maret 1639 untuk menghormati penyumbang terbesarnya, John Harvard, lulusan University of Cambridge.

California Institute of Technology (Caltech)

Biasanya dikenal dengan Caltech. Ini adalah universitas swasta yang terletak di Pasadena, California, di Amerika Serikat. Universitas ini merupakan salah satu universitas paling terkemuka dalam riset. Caltech juga mempertahankan penekanan kuat dalam ilmu alam dan teknik.

Imperial College London

Kampus ini didirikan Pangeran Albert dengan misi menggiatkan pendidikan di bidang sains, perdagangan, dan seni. Imperial memiliki 4 fakultas, yaitu sains, teknik, kedokteran, dan bisnis.

Kampus utamanya berada di Kensington Selatan. Universitas ini merupakan pusat penelitian biomedis terkemuka dan pusat sains kesehatan akademis pertama di Britania Raya.

ETH Zurich-Swiss Federal Institute of Technology

Eidgenössische Technische Hochschule Zürich (ETH Zürich) merupakan universitas terkemuka di Swiss. Lembaga pendidikan tinggi ini berdiri pada 1854 sebagai universitas negeri milik pemerintah Konfederasi Swiss.

Universitas ini telah melahirkan banyak peraih Penghargaan Nobel, seperti Albert Einstein (perumus teori relativitas) dan Wolfgang Pauli (terkenal dengan “Larangan Pauli”). Wilhelm Conrad Röntgen, penemu sinar X, juga pernah menempuh studi di sini.

University College London (UCL)

UCL adalah universitas riset publik di London, Inggris dan perguruan tinggi konstituen dari federasi Universitas London. UCL dianggap sebagai salah satu universitas paling bergengsi di dunia dan merupakan lembaga pendidikan tinggi terbesar di London. Universitas ini juga institusi pascasarjana terbesar di Inggris.

Kampus ini didirikan pada 1826. Dan menjadi kampus pertama di Inggris yang menerima mahasiswa terlepas dari latar belakang mereka, serta menerima perempuan atas dasar kesetaraan derajat dengan laki-laki.

Kampus utama UCL terletak di Bloomsbury, daerah pusat kota London, dengan sejumlah lembaga dan rumah sakit, serta kampus rekanan di Adelaide (Australia) dan Doha (Qatar).

University of Chicago

Universitas Chicago atau biasa disebut Uchicago merupakan universitas swasta yang terletak di tepi Danau Michigan dan Chicago Loop di kota Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Kampus ini didirikan pengusaha minyak bernama John D. Rockefeller pada 1890.

Para mahasiswa, alumni, dan dosen Universitas Chicago telah memainkan peran utama dalam pengembangan banyak disiplin akademis, termasuk ekonomi, hukum, sastra, matematika, agama, sosiologi, dan ilmu politik, serta mencetuskan aliran pemikiran di berbagai bidang ilmu seperti mazhab ekonomi Chicago dan mazhab arsitektur Chicago.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*