Inilah 10 Perguruan Tinggi dengan Jumlah Program Studi (Prodi) Terbanyak di Indonesia

Fakultas Hukum UGM
Fakultas Hukum UGM (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Perguruan Tinggi di Indonesia yang bisa dalam bentuk universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik dan akademi memiliki jumlah prodi yang sangat beragam.

Universitas merupakan perguruan tinggi yang terdiri atas berbagai macam fakultas yang mencakup bidang teknologi, ilmu pengetahuan, dan seni. Dibandingkan perguruan tinggi lainnya, universitas menyediakan pilihan jurusan yang lebih banyak jenisnya.

Selain itu, dalam universitas juga terdapat pendidikan vokasi dan akademik. Bahkan di beberapa universitas yang memenuhi syarat juga terdapat pendidikan profesi seperti di bidang kedokteran, hukum, dan farmasi.

BACA JUGA:

Institut adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi pada rumpun bidang tertentu. Misalnya Institut Pertanian Bogor, fakultas-fakultas di dalamnya hanya terdiri dari berbagai bidang pertanian dan yang terkait dengannya.

Seperti universitas, jika memenuhi syarat institut juga dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Sedangkan perbedaannya dari universitas adalah pilihan jurusan dalam institut lebih terbatas namun lebih spesifik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*