Cara Jitu Hemat Paket Data Saat Belajar Daring, Pelajar Harus Tahu!




Pembelajaran online peserta didik saat belajar di rumah karena wabah virus Corona
Pembelajaran online peserta didik saat belajar di rumah karena wabah virus Corona (KalderaNews/Malena)

JAKARTA, KalderaNews.com – Situasi pandemi yang belum reda membuat pembelajaran harus diselenggarakan secara daring atau online. Hal ini membuat pengeluaran pulsa untuk pembelian paket data juga meningkat. Untuk menghindari uang saku jebol karena pembelian paket data yang terus-menerus, pelajar dan mahasiswa harus tahu trik mudah hemat paket data.

Trik pertama agar hemat paket data adalah dengan memilih provider layanan telepon seluler yang menawarkan harga paket data yang terjangkau. Pastikan area tempat tinggalmu berada di coverage provider yang menawarkan harga hemat paket data tersebut.

BACA JUGA:

Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, WebEx, dan Skype merupakan layanan konferensi video yang banyak dipilih sejak pembelajaran dan pertemuan-pertemuan harus diselenggarakan secara daring. Inilah tip jitu hemat paket data yang harus diketahui pelajar:

  • Matikan kamera jika tidak dibutuhkan.
  • Matikan kualitas video HD.
  • Gunakan fitur share screen hanya jika dibutuhkan.
  • Manfaatkan platform dokumen online.
  • Matikan mikrofon saat tidak berbicara.
  • Bila harus melekam pilihlah perekaman cloud.
  • Jangan menggunakan data lain saat mengaktifkan Zoom. Tidak melakukan streaming video atau musik, bermain game online atau melakukan upload dan download file besar selama menggunakan Zoom.

Sedangkan untuk Google Meet, cara hemat paket data dapat ditempuh dengan:

  • Aktifkan fitur Limit Data Usage pada bagian pengaturan. Fitur ini juga dapat digunakan untuk menghemat daya baterai, sumber daya CPU, dan memori perangkat. Namun jika membutuhkan kualitas video yang bagus, fitur tersebut dapat dimatikan.
  • Masih di pengaturan, ganti pengaturan ‘Send Resolution’ dan ‘Receive Resolution’ dari ‘Auto’ menjadi ‘Standar Definition (360p). Pengaturan ‘Send Resolution’ merupakan pengaturan video yang kita kirim ke server Google Meet. Sedangkan pengaturan ‘Receive Resolution’ merupakan kualitas video dari pengguna lain yang kita terima.

Dari beberapa aplikasi konferensi video yang banyak dipakai saat pandemi ini, Zoom yang dipakai satu lawan satu diketahui menggunakan sekitar 540MB per jam untuk standar kualitas tinggi. dan konsumsi paet data itu akan meningkat menjadi 1,08GB per jam untuk kualitas 720p dan sekitar 1,62GB per jam untuk streaming 1080p.

Penggunaan data tersebut pasti berbeda bila kita berada dalam video konferensi dengan kelompok yang lebih besar. Zoom akan memakan 810MB per jam, 1,35GB per jam, dan 2,4Gb per jam untuk masing-masing konferensi grup standar 720p, 1080p.

Sementara itu, bandwidth untuk Google Meet rata-rata per peserta adalah 3.2Mbps inbound dan 1,8Mbps outbound yang artinya konsumsi paket data sekitar 2,25GB per jam dalam kualitas tinggi. Google Meet mampu menyesuaikan bandwidth masuk dan keluar berdasarkan koneksi yang kita punya, sehingga konsumsi data pada tiap pengguna akan bervariasi.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*