Duta Kampus Merdeka, Langkah Strategis Dukung Merdeka Belajar di UWKS

duta kampus merdeka, uwks
Duta Kampus Merdeka UWKS yang dilantik bersamaan dengan peluncuran KMMI. (KalderaNews/doc. UWKS)

SURABAYA, KalderaNews.com – Merdeka Belajar memberikan kesempatan pada mahasiswa dan kampus untuk melakukan ekspansi belajar dan berkembang. Beragam aktiitas yang dapat dipilih untuk melaksanakan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. UWKS membuat Duta Kampus Merdeka untuk mendukung Program Kampus Merdeka – Merdeka Belajar.

Duta Kampus merdeka di UWKS ini mempunyai tugas menjadi pelopor dan penggerak pelaksanaan program-program Kampus Merdeka. Di UWKS, Duta Kampus Merdeka dilantik bersamaan dengan peluncuran program KMMI yang merupakan kependekan Kredensial Miro Mahasiswa Indonesia.

BACA JUGA:

Acara pelantikan Duta Kampus Merdeka ini dilakukan oleh Rektor Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Prof. Dr, H. Widodo Ario Kentjono, dr., Sp.THT-KL (KL), FIC di tingkat fakultas. Terdapat delapan Duta Kampus Merdeka yang dilantik dan mewakili fakultas yang ada di UWKS.

Duta Kampus Merdeka yang dilantik tersebut adalah Dr. Anang Kukuh Adisusilo, ST., MT (Fakultas Teknik), Dr. Ir. Nugrahnisi Susantinah Wisnujati, M.Si (Fakultas Pertanian), Dr. Fani Martiaawan Kumara Putra, SH.,MH ( Fakultas Hukum), Fadilla Purwitasari, S.E., M.Ak (Fakulltas Ekonomi dan Bisnis), Abdus Sair, S.Sos., M.Sosio (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Erlin Kartikasari, S.Pd., M.Pd. (Fakultas Bahasa dan Sains), Dr. dr. Sukma Sahadewa, M.Kes., SH., MH., M.Sos, CLA (Fakultas Kedokteran), Dr. drh. Siti Gusti Ningrum (Fakultas Kedokteran Hewan).

Pelantikan Duta Kampus Merdeka ini diselenggaraan bersamaan dengan peluncuran KMMI di UWKS. KMMI merupakan potongan kecil dari materi pembelajaran penuh yang disampaikan secara daring. “Program KMMI (Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia) merupakan potongan kecil dari materi pembelajaran penuh yang disampaikan secara daring dalam waktu yang relatif singkat,” demikian penjelasan Dr. Endang Retno Wedowati, MT, sebagai Duta Kampus Merdeka UWKS untuk LLDIKTI Wilayah VII.

Dr. Endang Retno Wedowati, MT juga menambahkan bahwa program KMMI ini menjadi bagian tambahan yang melengkapo pembelajaran di kelas yang berguna untuk mengisi kesenjangan keterampilan yang diberikan di perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja dan dunia industri

Pelaksanaan KMMI di UWKS ini sesuai dengan Surat Ditjen Dikti no. 2861/E2/KM.07.00/2021 tanggal 26 Juni 2021. Di UWKS program KMMI ini mempunyai 11 jenis course yang terbagi atas 22 kelas dengan total peserta 880 mahasiswa yang terdiri atas mahasiswa UWKS dan mahasiswa luar UWKS.

Program KMMI UWKS ini dilaksanakan pada 9 Agustus hingga 3 Oktober 2021 dengan 16 kali pertemuan daring. Course yang diselenggarakan dalam program KMMI UWKS ini antara lain: Pra Start-up: Membanun Perusahaan RIntisan bagi Calon Wirausaha Muda (120 mahasiswa), Desain dan Build Web (80 mahasiswa), Dig Digital Media and Marketing Strategies (120 mahasiswa), Investasi dan Pasar Modal (80 mahasiswa), Pemodelan 3 Dimensi Menggunakan Blender (40 mahasiswa), Desain Asset dan Karakter 3D untuk Permainan (40 mahasiswa),  Game Development Using Unity 3D (40 mahasiswa), Upgrading Knowledge Data dengan Software STATA (80 mahasiswa), Basic Finansial Accounting from Insight to Impact (80 mahasiswa), Mahir Brevet A dan e-SPT (120 mahasiswa),  Mastering Business Data Analytic for Decision Making (80 mahasiswa).

Untuk mendukung pelaksanaan program  KMMI UWKS Tahun 2021 ini BP3 berkolaborasi dengan UPT TIK UWKS dalam menyiapkan sistem LMS (Learning Management System) yang sesuai dengan program course.  Pelaksanaan proses pembelajaran course dilakukan secara daring dan di luar jadwal mata kuliah yang diampu mahasiswa.

Di penghujung acara Rektor berpesan kepada seluruh peserta KMMI UWKS di seluruh Indonesia untuk giat belajar dan membuka diri untuk belajar hal-hal yang baru, terus berkontribusi untuk negeri melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*