KKN di Pulau Flores, Mahasiswa UMBY Ajak Masyarakat Buat Jamu Tradisional

YOGYAKARTA, KalderaNews.com –Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) praktik membuat jamu dari rempah-rempah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kegiatan ini menjadi salah satu bagian dari KKN mahasiswa UMBY yang diadakan di Dusun Rane, Desa Tebuk, Kec. Nita, Sikka, Nusa Tenggara Timur. Mahasiswa UMBY menjalankan program KKN di desa ini sejak bulan awal Agustus lalu.

Program ini bertujuan, agar masyarakat bisa membuat jamu tradisional dan bisa dikonsumsi setiap hari. Program ini dilaksanakan secara online dan offline. Online dilakuan melalui video yang berisi tentang pentingnya menjaga imunitas tubuh dengan jamu tradisional, yang kedua, manfaat-manfaat dari bahan rempah pilihan yang akan dibuat jamu, dan yang ketiga, tutorial pembuatan jamu. Ketiga video ini lalu di-upload di channel youtube KKN 77 UMBY.

Di daerah lokasi KKN, Maria Veronika Sawe dan Aloysia Milenia Putri Diaz yang terjun langsung ke desa untuk mempraktikkan ke beberapa ibu-ibu di Desa Tebuk. Mereka memanfaatkan bahan rempah-rempah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Program ini berusaha menjangkau warga sehingga dapat memproduksi jamu guna meningkatkan imunitas tubuh.

BACA JUGA:

“Ibu-ibunya sangat antusias saat praktik pembuatan jamu dengan aktif bertanya terkait langkah-langkah memasukkan setiap bahan dan saat jamunya sudah jadi ibu-ibu di desanya mengatakan bahwa rasa dari jamunya enak.” ucap Maria.

Dosen pembimbing KKN UMBY Valentina Dyah Arum Sari mengatakan, di masa pandemi ini penting sekali menjaga imunitas tubuh. Ia berharap, usaha yang dilakukan mahasiswa UMBY selama KKN dapat menganimasi masyarakat sehingga semakin peduli pada kesehatan dan terus menjaga imunitas.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*