Kompres Elektrik Pereda Demam Covid-19 Karya Siswa MAN 1 Yogyakarta

Siswa MAN 1 Yogyakarta meraih medali perak tingkat Internasional, dalam World Youth Invention and Innovation Award( WYIIA). (KalderaNews.com/Dok.MAN 1 Yogyakarta)
Siswa MAN 1 Yogyakarta meraih medali perak tingkat Internasional, dalam World Youth Invention and Innovation Award( WYIIA). (KalderaNews.com/Dok.MAN 1 Yogyakarta)

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Siswa MAN 1 Yogyakarta menciptakan alat kompres elektrik yang dapat meredakan demam pada suhu tubuh bagi pasien positif Covid-19. Temuan ini berhasil memperoleh medali perak dalam perhelatan Internasional, dalam World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA) yang digelar atas kerjasama IYSA dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Inovasi Teh Telang Karya Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan, Bangkitkan UMKM

Siswa MAN 1 Yogyakarta ini tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) yang mewakili sekolah mereka dalam WYIIA. Tim KIR ini beranggotakan lima siswa yaitu Basma Ahimsa Farrayella (XII IPS 2), Ammarsatya Esza(XII IPS 2), Hanif Maulana(XII IPS 1), Lindayanti( XII MIPA 4), dan Muhammad Rafif Setyo Nugroho(XII MIPA 4).

Pasien terjangkit Covid-19 umumnya mengalami demam dan nyeri. Dalam banyak kasus, selain obat pereda nyer,i pasien juga memanfaatkan beberapa pengobatan lain. Sebagai jawaban atas permasalahan ini, Tim KIR MAN 1 Yogyakarta menciptakan alat yang dapat membantu meredakan nyeri saat pasien Covid-19 terserang demam.

BACA JUGA:

Basma menuturkan, ia bersama tim, mempresentasikan temuan mereka ini. Basma menjelaskan, demam dan nyeri yang dialami pasien Covid-19 kadang menjadi gejala yang menghantui.

“Temuan kami ini menjadi salah satu tawaran solusi untuk menangani salah satu gejala Covid-19,” ujar Basma Minggu 22 Agustus 2021.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Wiranto Prasetyahadi memberikan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada para siswanya itu. Ia berharap, temuan Tim KIR MAN 1 Yogyakarta akan berdampak terhadap penanganan Covid-19.

“Alhamdulillah semoga kreasi mereka dapat dikembangkan dan memberi manfaat bagi orang banyak, terutama pada pandemic covid-19 seperti ini,” harapnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*