Pilih Sekolah itu Bukan Cari yang Mahal atau Dekat Rumah, Tapi yang Utamakan Pendidikan Karakter




Philip Sebastian Haryanto, alumnus PENABUR Secondary Kelapa Gading (PSKG) awardee ASEAN Undergraduate Scholarship ke Nanyang Technological University (NTU) dan National University of Singapore (NUS)
Peserta didik di PENABUR Secondary Kelapa Gading (PSKG) (KalderaNews/PSKG)

JAKARTA, KalderaNews.com – Menghadapi era disrupsi yang terus membawa perubahan, sebuah sekolah seharusnya tidak hanya berfokus untuk mengembangkan kemampuan akademis peserta didik, namun juga kemampuan non akademis. Hal ini bertujuan agar di masa depan peserta didik dapat bersaing dengan kemampuan yang mumpuni.

Selain itu, penanaman pendidikan karakter yang kuat juga menjadi hal yang tak kalah penting, agar peserta didik dapat menjadi generasi yang adaptif.

BPK PENABUR Jakarta merupakan sekolah yang memberikan pendidikan holistik kepada peserta didiknya, serta berfokus dalam penanaman Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kristiani (PKBN2K).

BACA JUGA:

“PKBN2K merupakan satu program intrinsik di dalam kurikulum untuk memperkuat pondasi peserta didik. Jadi, mereka tidak hanya tangguh, tetapi juga memiliki jiwa melayani, adaptif, dan menjadi lifelong learner,” jelas Ir. Antono Yuwono, Ketua BPK PENABUR Jakarta.

Melalui penanaman PKBN2K diharapkan di masa mendatang para lulusan BPK PENABUR Jakarta dapat menjadi generasi BEST. Be tough (semangat pantang menyerah dan kreatif dalam menghadapi tantangan), Excel Worlwide (memiliki wawasan global, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu beradaptasi dengan perubahan zaman), Share with Society (memiliki kepedulian terhadap sesama, rendah hati, dan jujur), dan Trust in God (mengandalkan Tuhan dalam setiap aspek kehidupan).

Selama 71 tahun berdiri, BPK PENABUR Jakarta telah menghasilkan generasi BEST yang berprestasi. Carina Joe salah satunya, alumnus SMAK 1 PENABUR, merupakan salah satu ilmuwan Indonesia yang terlibat di dalam tim untuk melakukan riset dan produksi vaksin AstraZeneca di Institute Janner, University of Oxford, Inggris. Carina dan tim berhasil mendapatkan hak paten untuk vaksin AstraZeneca, sehingga vaksin dapat disebarluaskan dan digunakan negara-negara di dunia untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Tantangan Belajar Mengajar di Masa Pandemi

Masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung juga merupakan tantangan tersendiri bagi BPK PENABUR Jakarta.

“Pada masa awal pandemi kami sempat kesulitan mempersiapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Namun, akhirnya dapat berjalan lancar berkat dedikasi tinggi dari para guru sehingga mampu memberikan pelajaran yang baik secara online,” ungkap Antono.

Pada Juli 2021 lalu, ketika pemerintah mencanangkan program tatap muka sebagian (hybrid learning), BPK PENABUR Jakarta juga sudah mempersiapkan Interactive Flat Panel (IFP) di 1.000 kelas, proyektor dan layar di bagian belakang kelas sehingga siswa yang belajar di rumah dapat melihat suasana kelas begitu juga sebaliknya untuk guru, kamera 360 derajat untuk menangkap suasana belajar di kelas, speaker dan mikrofon untuk menangkap suara siswa di kelas, mikrofon wireless untuk guru yang mengajar agar suara terdengar jelas, dan visualizer untuk dapat menampilkan demonstrasi dari materi pembelajaran sehingga terlihat oleh siswa yang mengikuti kelas online.

Namun, karena pandemi Covid-19 varian Delta yang semakin meningkat di Indonesia, hybrid learning masih belum bisa dijalankan. Hal tersebut tidak mematahkan semangat BPK PENABUR Jakarta di dalam mempersiapkan program pembelajaran untuk menghadapi revolusi industri 4.0 melalui metode blended learning.

PSB Tahun Pelajaran 2022-2023

Untuk itu, Sabtu, 21 Agustus 2021, Pukul 09.30-11.30 WIB, BPK PENABUR Jakarta membuka kesempatan bagi orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya. Di dalam launching Penerimaan Siswa Baru (PSB) Tahun Pelajaran 2022-2023, yang disiarkan langsung di YouTube Channel BPK PENABUR Jakarta https://bit.ly/liveama21ng8enefit .

“Pre-launching PSB di BPK PENABUR Jakarta dimulai dengan IG Talk bersama Alumni #PPKM : PENABUR Pasti yang Kamu Mau, dengan mengundang 21 Alumni yang sukses dari berbagai profesi yang digeluti. Lalu, ada juga lomba video dan caption inspiratif #PENABURsebagusitu, dimana siswa menceritakan pengalaman bersekolah di BPK PENABUR Jakarta. Kemudian, lomba bakat dan minat untuk anak usia 2-6 tahun yang bertajuk ‘Raise the Star 2021’,” jelas Yosafat Adrian Wiguna, Pengurus dan Ketua PSB BPK PENABUR Jakarta Tahun Pelajaran 2022-2023.

Pada launching PSB 21 Agustus 2021 ada penawaran program promosi “AMA21NG 8ENEFIT”. BPK PENABUR Jakarta memberikan cashback uang formulir senilai Rp 210.000 untuk 210 calon siswa, cashback uang pangkal senilai Rp 2.100.000 per orang untuk 21 calon siswa, dan diskon 21% uang pangkal untuk 1 calon siswa.

Salah satu syarat dan ketentuan dari program promosi tersebut adalah orangtua calon siswa harus mengikuti kegiatan pembukaan PSB (21/08). Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada website PSB BPK PENABUR Jakarta https://psb.bpkpenaburjakarta.or.id/

“Menentukan sekolah untuk anak bukanlah mencari yang mahal atau yang paling dekat dari rumah, tetapi pilihlah sekolah yang mengutamakan pendidikan karakter dalam kurikulum pembelajarannya karena itu menjadi hal yang penting, terutama di dalam menghadapi era disrupsi untuk menciptakan generasi adaptif,” tandas Antono memberikan pesan kepada calon orangtua siswa.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*