21 September, Hari Perdamaian Internasional, Inilah Tema dan Sejarahnya

Hari Perdamaian Internasional 2021. (KalderaNews.com/repro; y.prayogo)
Hari Perdamaian Internasional 2021. (KalderaNews.com/repro; y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 21 September, masyarakat dunia memperingati Hari Perdamaian Internasional. Tahun ini, PBB telah menetapkan temanya yaitu “Recovering better for an equitable and sustainable world”.

Majelis Umum PBB menyatakan, 21 September didedikasikan untuk memperkuat cita-cita perdamaian, dengan menjalankan 24 jam tanpa kekerasan.

BACA JUGA:

Selain itu, PBB juga mengajak seluruh masyarakat dunia ikut serta dalam upaya-upaya pemulihan dunia yang lebih adil dan damai. Peringatan Hari Perdamaian Internasional bisa dilakukan dengan melawan segala tindak kekerasan dan kebencian, baik secara offline maupun online. Serta dengan menyebarkan pesan-pesan damai, kebaikan, dan harapan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Peringatan Hari Perdamaian Internasional digagas PBB dengan tujuan memperkuat perdamaian dunia dan mengurangi peperangan berkelanjutan. Peringatan ini ditetapkan melalui Resolusi Nomor 55/282 Tahun 1991.

Hari Perdamaian Internasional pertama kali digelar pada 1982. Sejak saat itu, sejumlah negara turut merayakannya dengan cara masing-masing. Pada 2013, Sekretaris Jenderal PBB mendedikasikan peringatan ini untuk pendidikan perdamaian.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*