Ini Dampak Anak Kehilangan 0,8 Sampai 1,2 Tahun Pembelajaran Karena PJJ

Ilustrasi Belajar Online (KalderaNews.com/Ist)
Ilustrasi Belajar Online (KalderaNews.com/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim kembali menegaskan potensi memudarnya capaian belajar (learning loss) dan memburuknya kesehatan psikis anak-anak Indonesia akan semakin besar jika Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terus berlangsung.

Untuk itu, pemerintah terus mendorong terselenggaranya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat dan strategi pengendalian Covid-19 di sekolah.

“(Anak-anak) kemungkinan besar kehilangan antara 0,8 sampai 1,2 tahun pembelajaran. Jadi seolah-olah satu generasi kehilangan hampir setahun pembelajaran di masa ini,” ungkap Mendikbudristek.

BACA JUGA:

Anak-anak juga terdampak kesehatan jiwanya akibat pandemi. Banyak anak kesepian dan trauma dengan situasi ini, begitu juga dengan orang tuanya.

“Sudah 40 persen sekolah mulai tatap muka terbatas, tapi ini angkanya masih kecil. Kalau tidak mau makin ketinggalan, kita harus tatap muka dengan protokol kesehatan teraman yang bisa dilakukan,” jelas Menteri Nadiem.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*