8 September, Hari Aksara Internasional, Begini Tema dan Sejarahnya




Kampanye Hari Aksara Internasional 2021. (KalderaNews.com/Dok.UNESCO)
Kampanye Hari Aksara Internasional 2021. (KalderaNews.com/Dok.UNESCO)

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Aksara Internasional diperingati setiap 8 September. Pada tanggal tersebut, seluruh dunia memperingati hari yang juga disebut Hari Literasi Internasional.

Peringatan tahunan ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat pentingnya literasi sebagai martabat dan hak asasi setiap manusia.

Peringatan Hari Aksara Internasional terus dilakukan untuk menjaga kesadaran pentingnya melek huruf dalam masyarakat sehingga dapat terus memajukan agenda literasi menuju masyarakat yang lebih melek huruf dan berkelanjutan.

BACA JUGA:

Hari Aksara Internasional 2021 mengambil tema “Literacy for a human-centered recovery: Narrowing the digital divide”.

Tema ini diangkat di tengah krisis Covid-19 yang telah mengganggu pembelajaran anak-anak, remaja, dan orang dewasa dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hambatan ini tentu kian memperbesar ketidaksetaraan yang sudah ada sebelumnya dalam akses ke peluang pembelajaran keaksaraan yang bermakna. Sekira 773 juta orang muda dan orang dewasa di dunia tidak melek huruf.

Literasi dasar sendiri terdiri dari berbagai jenis, seperti literasi baca tulis, finansial, numerasi, digital, dan yang lain. Seseorang yang mengalami kekurangan literasi dasar berarti kurang mampu atau tidak mengerti tentang literasi-literasi tersebut.

Peringatan yang kerap pula disebut sebagai Hari Melek Huruf Internasional ini muncul sejak diadakannya konferensi Pemberantasan Buta Huruf di Teheran, Iran, pada 8-19 September 1965. Konferensi itu pun menyepakati peringatan Hari Aksara Internasional yang jatuh pada setiap 8 September.

Hari Aksara Internasional juga mendorong komitmen serta mengajak seluruh masyarakat dunia untuk peduli terhadap penuntasan buta aksara. Sejak penyelenggaraan Hari Aksara Internasional pertama pada tahun 1966, peringatan ini terus dilakukan setiap tahun sebagai wujud memajukan agenda keaksaraan di tingkat global, regional, dan nasional.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*