Inilah Tip Kuliah di Korea, Poin Ke-3 Pasti Bikin Kamu Semangat




bahasa korea, bahasa asing, belajar bahasa, drama korea
Korea dan segala pernak-perniknya menarik untuk dipelajari,(KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Korea Selatan dengan segala pernak perniknya memang tampak selalu menarik. Terhitung dari tahun 2005 sejak Hallyu Wave melanda Indonesia, hingga kini, pesona negeri ginseng ini masih sangat kuat.

Korea menarik untuk dijadikan tempat berlibur bahkan tinggal. Tidak sedikit pula yang mengangan-angankan untuk dapat menempuh pendidikan di sana. Daya tarik pariwisata dan kemajuan pendidikan menjadi magnet tersendiri bagi pelajar Indonesia untuk dapat melanjutkan studi di negara asal BTS itu.

BACA JUGA:

Untuk dapat mewujudkan impian kuliah di Korea Selatan, inilah empat tip jitu yang sebaiknya dilakukan supaya berhasil dengan baik. Simak, yuk!

Persiapan Dokumen

Persiapan dokumen merupakan hal mutlak yang harus dilakukan. Dokumen yang dimaksud antara lain adalah keterangan nilai, hasil test TOEFL/ IELTS atau bahkan TOPIK (Test Of Proficiency in Korean), formulir-formulir, hingga hasil pindai semua dokuemn tersebut harus disipakn ketika kita mendaftar ke perguruan tinggi yang kita inginkan.

Surat rekomendasi hingga motivation letter juga biasanya akan diminta. Catat semua detail dokumen yang dibutuhkan dan siapkan dengan baik semua persyaratan dokumen, termasuk visa dan paspor.

Belajar Bahasa Korea

Meskipun kita dapat memilih kelas dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris, tetapi akan lebih baik bila sebelum berangkat ke Korea kita juga telah menguasai dasar-dasar Bahasa Korea seperti menulis Hangeul dan percakapan sehari-hari. Selebihnya dapat kita lancarkan saat sudah berada di Korea dan berinterakasi secara langsung dengan masyarakat dan kehidupan di sana.

Banyak pilihan untuk belajar Bahasa Korea ini, ada lembaga kursus yang membuka kelas belajara Bahasa Korea secara online maupun offline.

Cari Beasiswa

Beasiswa selalu menjadi topik menarik bagi mahasiswa. Apalagi bila beasiswa tersebut menawarkan untuk belajar di negara impian seperti Korea. Pemerintan Indonesia dan Korea sama-sama menyediakan beasiswa bagi pelajar yang ingin belajar di Korea. Ada Korean Government Scholarship Program (KGSP) dan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang memberikan fasilitas biaya kuliah hingga pemberian living cost. www.KalderaNews.com  juga sering menayangkan informasi beasiswa untuk belajar di negara asal para oppa ini.

Persiapan Mental

Walaupun terdengar klise, tetapi kesiapan mental memang sangat dibutuhkan saat ingin merantau, apalagi ke luar negeri. Culture shock, homesick, hingga perasaan kesepian bisa saja menghampiri saat kita sudah berada jauh dari tanah air. Belajara beradaptasi, mencari teman baru, dan aktif mengikuti kegiatan kampus dapat dilakukan nantinya untuk memulai perjalanan studi di Korea.

Empat hal di atas dapat dilakukan agar berhasil melanjutkan studi ke Korea Selatan. Meskipun kehidupan tidak selalu seindah drama Korea, saat hidup di sana kelak, kita harus siap dengan sifat individualistis dan kurang ramah masyarakatnya. Namun, bila sudah yakin dengan pilihanmu untuk belajar di Korea Selatan, siapkan dirimu dengan baik sejak sekarang. Good luck!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*