Kuota Beasiswa S1-S3 ke Rusia Dinaikkan Jadi 263 Kursi, Begini Cara Daftarnya Hingga 1 November 2021

Russian Government Scholarships, Beasiswa ke Rusia
Kota Moskow (Foto: swissnomads.ch)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendaftaran beasiswa S-1 hingga S-3 ke Rusia “Russian Government Scholarships ” bagi mahasiswa asing untuk tahun ajaran 2022/2023 telah dibuka mulai 1 September-1 November 2021.

Tahun ini pendaftaran beasiswa dari Pemerintah Federasi Rusia dibuka lebih cepat dari biasanya yakni tiap Desember atau Januari. Tak hanya lebih awal, kuota beasiswanya pun ditambah menjadi lebih banyak.

Saat ini ada sebanyak 600 mahasiswa Indonesia yang belajar di Rusia. Kalau biasanya tiap tahun tersedia 163 kuota beasiswa, untuk tahun ini ada tambahan sebanyak 100 beasiswa khusus untuk mahasiwa-mahasiswi Indonesia.

BACA JUGA:

Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva mengakui penambahan ini dilakukan mengingat antuasiasme pelajar Indonesia yang ingin kuliah ke Rusia sangat tinggi.

Ia menambahkan ada sekitar 1.000 orang pemuda Indonesia yang menginginkan untuk mendapat beasiswa dari pemerintah Rusia. Pelamar bisa memilih banyak jurusan kuliah di Rusia, karena pilihan jurusan yang dapat diambil cukup banyak. Adapun daftar jurusan itu bisa dilihat melalui situs Russian Center of Science & Culture untuk Jakarta.

Nah, buat kalian yang tertarik kuliah di Rusia dengan Russian Government Scholarships, silakan kunjungi situs “Education in Russia“, lalu melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Membuat akun dan melengkapi biodata serta mengisi formulir yang ada di laman ini.
  • Untuk memilih program studi, calon mahasiswa bisa melihatnya di kolom Direction of training. Pada bagian University List, masukkan enam universitas dan urutkan sesuai dengan skala prioritas
  • Pilih bahasa yang dikuasai dan tingkat kemahirannya pada bagian Language Proficiency. Pastikan pula memberikan centang pada opsi Need to study at the prepatory departement (faculty). Perlu dicatat bahwa semua jenjang pendidikan untuk mahasiswa asing akan didahului program bahasa Rusia di fakultas persiapan (podgotovitelby fakultet atau podfak) selama setahun
  • Isi prestasi pada kolom Olympiad atau Sport achievments. Jika memiliki prestasi dalam bidang seni, ilmiah, atau lainnya, tuliskan pada kolom Additional information on achievements in various fields
  • Jika hanya bersedia melanjutkan pendidikan di Rusia dengan beasiswa, pastikan tidak mencentang opsi “If I do not pass a competitive selection for a state scholarship, I may consider proposals of getting an education with paying fee”. Jika memilih opsi ini maka tetap dianggap bersedia mendaftar ke salah satu universitas dengan pendanaan mandiri ketika dinyatakan tidak lolos seleksi beasiswa.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*