Kuy, Kenali Ciri-Ciri Pelaku dan Korban Perundungan di Sekolah dan Efek Bahayanya Berikut Ini

Ilustrasi: Ancaman kejahatan seksual dan cyberbullying pada anak melalui media sosial. (Ist.)
Ilustrasi: Ancaman kejahatan seksual dan cyberbullying pada anak melalui media sosial. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Perundungan bisa terjadi di mana saja, seperti di sekolah atau pun di tempat kerja. Khusus perundungan yang terjadi di lingkungan sekolah, terang Dosen Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Mulia Sari Dewi, M.Si, siapa pun pada dasarnya bisa melakukan identifikasi dengan mengenali ciri-ciri pelaku dan korban perundungan.

Pertama dia cenderung agresif, sedikit di bawah rata-rata dalam intelegensi dan kemampuan membaca, popularitas rata-rata, tidak memiliki banyak empati untuk korban.

BACA JUGA:

Sedangkan ciri-ciri korban perundungan di antaranya adalah siswa di kelas yang cenderung lebih kecil dan lebih lemah daripada rekan-rekan mereka. Mereka yang tidak tegas dan tidak kompeten secara sosial lebih cenderung menjadi korban perundungan. Dan orang-orang yang memiliki banyak teman cenderung lebih kecil peluangnya untuk menjadi korban perundungan dibandingkan dengan yang memiliki teman sedikit.

Ia melanjutkan, efek pada korban perundungan sangatlah berbahaya. Korban akan mengalami sulit belajar sehingga nilai mungkin terganggu karena perhatiannya teralihkan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*