Manabe, Hasselmann, dan Parisi, Trio Pemenang Nobel Fisika 2021

Syukuro Manabe, Klaus Hasselmann, Giorgio Parisi memenangkan Hadiah Nobel Fisika 2021. (KalderaNews.com/@NobelPrize)
Syukuro Manabe, Klaus Hasselmann, Giorgio Parisi memenangkan Hadiah Nobel Fisika 2021. (KalderaNews.com/@NobelPrize)
Sharing for Empowerment

STOCKHOLM, KalderaNews.com – Syukuro Manabe, keturunan Jepang yang lahir di Amerika, Klaus Hasselmann dari Jerman, dan Giorgio Parisi dari Italia memenangkan Hadiah Nobel Fisika 2021. Mereka diberikan penghargaan untuk kontribusi dalam melakukan terobosan pada pemahaman tentang sistem fisika yang kompleks.

Manabe dan Hasselmann dianugerahi penghargaan nobel di bidang fisika untuk pemodelan fisika dari iklim Bumi, kuantifikasi variabel dan memprediksi pemanasan global.

BACA JUGA:

Sementara, Parisi dianugerahi penghargaan yang sama untuk temuannya pada interaksi ketidakteraturan dan fluktuasi dalam sistem fisika dari skala atom ke planet.

Penghargaan Hadiah Nobel Fisika 2021 diumumkan The Royal Swedish Academy of Sciences pada Selasa, 5 Oktober 2021, sehari setelah pengumuman nama pemenang penghargaan di bidang medis.

Manabe adalah seorang meteorolog senior di Universitas Princeton yang sudah dikenal dengan demonstrasinya mengenai peningkatan karbondioksida di atmosfer menyebabkan peningkatan suhu permukaan Bumi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*