Dear Pejuang Skripsi, Inilah 7 Situs untuk Cek Plagiasi Skripsi agar Karyamu Tetap Orisinal

Mengerjakan Skripsi
Ilustrasi: Mengerjakan Skripsi

JAKARTA, KalderaNews.com – Membuat skripsi bisa jadi masa yang menyenangkan, tapi juga menegangkan. Menyenangkan lantaran kamu tinggal selangkah lagi menjadi seorang sarjana. Menegangkan sebab kamu harus bisa menyelesaikan skripsi sebagai syarat kelulusan.

Dalam proses pembuatan skripsi, pihak kampus memberikan standar tertentu terhadap tingkat plagiasi skripsi, untuk memastikan skripsi yang kamu buat orisinal.

BACA JUGA:

So, bagi kamu yang sedang menyusun skripsi, berikut 7 situs cek plagiasi skripsi yang bisa membantu kamu agar karyamu tetap orisinal:

Turnitin

Ini adalah situs yang paling sering digunakan di dalam lingkup akademik. Turnitin merupakan situs yang bisa memeriksa hasil tulisan, serta memastikan tulisanmu tidak memiliki kesamaan dengan dokomen lain baik di internet, situs web, buku, dan media lainnya.

Tetapi, Turnitin belum bisa diakses secara bebas dan gratis. Turnitin menawarkan harga yang beragam untuk berlangganan.

PlagScan

Ini merupakan situs cek plagiasi skripsi yang hasilnya bisa dikatakan paling sensitif dan akurat. PlagScan adalah sebuah situs pengecekan plagiasi yang berbayar. Namun, kamu bisa mencoba versi trial yang disediakan secara gratis.

Sebelum memeriksa tulisan, kamu perlu membuat akun PlagScan terlebih dahulu. Melalui versi trial, kamu bisa mengakses sebanyak dua puluh kali pengecekan tulisan.

PaperRater

Kamu bisa mengakses situs cek plagiasi skripsi ini secara gratis dengan menentukan jenis dokumen, level tingkatan, dan beberapa faktor lain. Situs ini juga bisa berfungsi untuk memeriksa grammar bahasa Inggris dan memberikan saran kosakata pada hasil tulisanmu. Tapi, sayangnya situs ini masih kurang akurat daripada Grammarly.

PlagTracker

Ini memang dibuat secara khusus untuk mahasiswa dan tenaga pendidik. Situs PlagTracker dibuat secara khusus untuk lingkup akademik, mulai dari mahasiswa, tenaga pendidik, hingga penerbit buku.

Tak hanya mengecek plagiasi, situs ini juga bisa membantu pengecekan apakah skripsi sudah pernah diunggah di internet atau belum. Situs ini bisa diakses secara gratis, tapi kamu hanya bisa melakukan pengecekan skripsi maksimal sebanyak 5000 kata saja.

DupliChecker

DupliChecker adalah situs yang memiliki tampilan paling sederhana dibanding situs cek plagiasi lain. Tetapi, situs ini memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi. Sebelum memeriksa tulisanmu, kamu harus membuat akun terlebih dahulu untuk mendapatkan akses pengecekan sebanyak 50 kali per hari secara gratis.

Grammarly

Situs ini lebih dikenal sebagai situs untuk memeriksa grammar bahasa Inggris. Tetapi, juga memiliki fitur cek plagiasi. Situs satu ini sangat dikenal karena menjadi situs yang populer untuk mengecek grammar bahasa Inggris.

Fitur cek plagiasi skripsi ini tersedia dalam dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Cara pengecekan pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menyalin teks yang ingin diperiksa dan Grammarly akan mencocokkan dengan database yang ia miliki. Grammarly memiliki sekitar 16 miliar database dan merupakan salah satu yang terbanyak di dunia.

Plagiarisma

Situs ini menyediakan beragam pilihan bahasa untuk diperiksa. Situs Plagiarisma bisa digunakan untuk beragam kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, guru, penulis, dan yang lain.

Hal yang membedakan situs ini dengan yang lainnya yaitu, memiliki pilihan bahasa yang sangat beragam, sekitar 190 bahasa yang bisa diperiksa. Caranya pun mudah.

Kamu bisa mengecek dokumen hanya dengan menggunakan Uniform Resource Locator (URL) atau mengunggah dokumen secara manual. Atau, kamu juga bisa memasang ekstensi Plagiarisma pada mesin pencari yang ada di perangkat laptopmu.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*