Panduan Sukses Tes Psikotes Anti Grogi, Job Hunter Harus Tahu




Perlu mempersiapkan diri secara cermat saat menjalani wawancara virtual lamaran kerja (Straits Times)

JAKARTA, KalderaNews.com – Memasuki dunia kerja memang dimulai dengan menyiapkan berkas untuk melamar kerja. Setelah kita dinyatakan lulus saringan admnistrasi, tentunya kita akan masuk pada seleksi lainnya. Salah satu yang akan dihadapi para job hunter adalah tes psikotes.

Tes psikotes menjadi bagian penting dalam perekrutan karyawan, karena melalui tes ini, perusahaan dapat memahami bakat minat, gambaran karakter dan kemampuan calon pekerjanya. Ada beragam tes psikotes yang dapat diberikan perusahaan yang kita lamar. Tes tersebut diberikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

BACA JUGA:

Selain mengetahui jenis tes psikotes yang akan kamu hadapi, kamu juga harus menguasai bagaimana menyelesaikan tes-test tersebut dengan baik. Inilah panduan sukses agar kamu tidak grogi dalam menghadapinya.

Pahami apa itu tes psikotes

Memahami tes psikotes yang akan kamu hadapi adalah kunci sukses pertama. Usahakan sebisa mungkin untuk dapat mengetahui jenis psikotes yang akan kamu hadapi dalam mengisi lowongan pekerjaan yang kamu incar itu.

Banyak berlatih

Practice makes perfect. Makin sering berlatih kamu akan makin lancar dan piawai. Kamu dapat mencari kumpulan soal atau contoh soal psikotes yang mungkin akan kamu hadapi dari internet atau buku. Dengan banyak berlatih kamu akan makin siap menghadapi tes yang akan diberikan.

Percaya diri

Mengerjakan tes psikotes diperlukan kepercayaan diri yang kuat. Kamu harus yakin bahwa kamu pasti bisa mengerjakan tes dengan baik. Rasa percaya diri akan membuatmu merasa lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal.

Jangan panik

Waktu pengerjaan soal psikotes memang terbatas, tetapi kamu tidak boleh panik atau gugup. Harus tetap tenang. Rasa tenang menjadi kunci penting agar kamu dapat menyelesaikan tes psikotes dengan baik.

Manajemen waktu

Bila kamu telah mengetahui jadwa ujian psikotes, usahakan kamu tidur cukup dan berbedan fit menjelang hari H. Jangan terlalu banyak kegiatan hingga kamu tidak fit saat mengerjaan tes psikotes, karena hal tersebut akan mempengaruhi hasilnya. Manajemen waktu ini juga berarti kamu harus mampu memperkirakan lamanya waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakannya.

Berdoa

Berdoa tidak boleh tertinggal. Pastikan berdoa sebelum mengerjakan tes psikotes. Dengan berdoa kamu pasti merasa lebih tenang. Selain itu, jangan lupa minta doa pada orang tua agar mereka turut mendoakan kelancaran tesmu.

Demikian tadi panduan sukses mengikuti tes psikotes agar kamu tidak grogi. Tetap fokus saat mengerjakan dan jauhkan dirimu dari gangguan yang kemungkinan dapat memecah konsentrasimu. Jangan berbesar hati, karena tes psikotes bukan akhir dari rangkaian seleksi masuk. Fokus pada tujuan agar kamu dapat diterima di perusahaan impian. Semoga sukses!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*