Simak, Inilah Logo dan Tema Hari Pahlawan, 10 November 2021, Pahlawanku Inspirasiku




Logo Hari Pahlawan, 10 November 2021. (KalderaNews.com Dok. Kemensos)
Logo Hari Pahlawan, 10 November 2021. (KalderaNews.com Dok. Kemensos)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Sosial sebagai penanggung jawab peringatan Hari Pahlawan telah merilis logo dan tema Hari Pahlawan, 10 November 2021. Hari Pahlawan memiliki makna mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

Tanggal 10 November diambil karena menjadi puncak dari peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945, yang menelan banyak korban.

BACA JUGA:

Hari Pahlawan sekiranya tidak hanya sekadar diingat setiap 10 November saja, namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan.

Setiap pribadi Indonesia mesti memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing. Hal inilah yang menjadi latar belakang tema Hari Pahlawan 2021, yaitu “Pahlawanku Inspirasiku”.

Dan inilah makna dari logo Hari Pahlawan 2021:

  • Bambu runcing merupakan senjata sederhana yang digunakan para pejuang kemerdekaan. Senjata ini merupakan simbol keberanian para pahlawan dalam menghadapi kolonialisme.
  • Pahlawan merupakan orang yang mengorbankan kenyamanan hidupnya agar orang lain bisa mendapatkan kenyamanan seperti dirinya. Pahlawan adalah sosok yang senang dalam menolong orang lain.
  • Kepalan tangan merupakan simbolisasi dari keteguhan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Diharapkan generasi sekarang bisa memiliki keteguhan yang sama dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
  • Buku merupakan simbol dari sumber inspirasi generasi masa kini untuk mengetahui kisah heroik dari para pahlawan. Lewat buku generasi sekarang bisa melakukan nampak tilas perjuangan mereka. Buku juga merupakan sumber inspirasi bagi para pahlawan dalam menggagas kebangsaan Indonesia.
  • Bendera merah putih merupakan simbolisasi dari sebuah bangsa dan negara yang dulu para pahlawan perjuangkan. Sebuah warisan yang kita kita harus jaga dengan mewujudkan tujuan bernegara, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*