Trik Bimbingan Skripsi Online Biar Cepat Wisuda, Cekidot Gengs!

Menulis skripsi merupakan salah satu tahapan menantang dalam studi mahasiswa (University of Warwick)

JAKARTA, KalderaNews.com – Masa pandemi memang mengubah banyak kebiasaan kehidupan kita. Bekerja, belajar, kuliah, bahkan bimbingan skripsi juga dilakukan secara online. Perubahan cara hidup ini membuat kita keluar dari ‘zona nyaman’ yang sebelumnya telah rutin dan biasa kita lakukan.

Peralihan kebiasaan dan perilaku masyarakat tersebut secara teknis memang terlihat lebih efisien dan efektif, karena dapat mengurangi tingkat mobilitas, menghemat waktu, dan yang paling penting adalah mencegah penyebaran virus Corona.

BACA JUGA:

Salah satu yang dimudahkan dengan adanya perubahan cara hidup ini adalah mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Bimbingan skripsi pun dapat dilakukan secara online. Mahasiswa jadi tidak perlu keluar rumah untuk mencari dosen pembimbing. Pun, draft skripsi juga tidak perlu dicetak, sehingga lebih sedikit pengeluaran. File hanya cukup dikirim melalui surat elektronik.

Bila dua hal tersebut di atas adalah keuntungan bimbingan skripsi online, kamu perlu menyimak trik bimbingan skripsi online agar cepat wisuda berikut. Cekidot yuk, gengs!

Buat target

Setiap kampus memiliki periode wisuda yang berbeda-beda, maka kamu harus memiliki target untuk wisuda. Dengan adanya target wisuda, kamu akan dapat menjadikan pengingat supaya lulus sesuai waktu yang ditentukan.

Buat jadwal bimbingan

Bila kamu sudah menentukan target akan lulus kapan, maka kamu harus memperhatikan waktu yang tepat untuk bimbingan. Tanyakan dengan baik pada dosen pembimbing waktu yang tepat untuk bimbingan. Buatlah kesepakatan jadwal bimbingan dengan dosen pembimbing untuk jadwal bimbingan. Lakukan bimbingan sesuai dengan jadwal yang telah kamu sepakati dengan dosen pembimbingmu.

Rajin Follow-up

Bisa jadi chat kita pada dosen pembimbing terabaikan karena kesibukannya. Hal ini dapat menghambat target kita untuk segera lulus dan wisuda. Untuk itu, kita harus rajin follow-up pada dosen pembimbing. Rajin follow-up bukan berarti spam chat ya, kamu bisa mengirimkan chat pada pagi hari satu kali dan sore hari satu kali misalnya.

Minta saran

Saat konsultasi, bimbingan atau menyerahkan hasil pekerjaan kita, selalu mintalah saran pada dosen pembimbing. Hal tersebut dapat mengurangi tingkat revisi yang akan datang. Karena seringkali setelah dosen minta revisi, tetap saja pada hari berikutnya ia minta untuk dibuat ini dan itu.

Jangan idealis

Kadang apa yang ingin kita tulis dan kemauan dari dosen pembimbing bertolak belakang. Bila dosen pembimbing dapat diajak diskusi secara terbuka dan nyaman, kamu dapat dengan mengutarakan maksudmu. Namun, bila beliau tipe yang kolot, sebaiknya kamu ikuti saja maunya. Biar lekas dapat acc. Setelah lulus, silakan lanjut berkarya sesuai dengan selera.

Sabar adalah kunci

Bila langkah-langkah tersebut di atas sudah kamu lakukan dengan baik, tetapi hasilnya kurang memuaskan, kamu harus tetap sabar. Atau jika dosen pembimbingmu memang kurang dalam memberikan respon, lebih baik kamu melapor pada Ketua Program Studi untuk dicarikan solusi.

Enam trik bimbingan skripsi online tersebut dapat diaplikasikan di berbagai jurusan. Yuk, semangat kelarin skripsi tahun ini, yuk!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*