Inilah Daftar Lengkap 51 Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Asal Jawa Tengah

Bedhaya Ketawang
Bedhaya Ketawang (KalderaNews/Dok. Pemprov Jateng)
Sharing for Empowerment

SEMARANG, KalderaNews.com – Sebanyak 51 budaya asal Jawa Tengah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada akhir Oktober 2021.

Bukan hanya gelaran budaya semacam tari atau seni pertunjukan, tapi kuliner macam timlo, mendoan, nopia, sate kere dan warung HIK Solo juga mendapatkan predikat tersebut.

Kabid Pembinaan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng Eris Yunianto menjelaskan dari 52 calon WBTB, hanya 51 yang ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda tingkat nasional.

BACA JUGA:

Setelah memperoleh predikat WBTB nasional maka suatu budaya atau tradisi tersebut berpeluang diajukan ke UNESCO, seperti halnya Candi Borobudur, batik atau wayang.

Diketahui, sebanyak 289 objek budaya di tanah air ditetapkan sebagai WBTB 2021 oleh Kemendikbud. Sejak 2013 sudah ada 1.528 budaya yang telah ditetapkan sebagai WBTB. Dari Jawa Tengah total ada 103 budaya yang telah mendapat predikat tersebut.

Adapun, 51 WBTB asal Jawa Tengah yang ditetapkan oleh Kemendikbud RI pada 2021 adalah, Dukutan, Upacara Adat Mahesa Lawung, Mondhosio Pancot, Wayang Othok Obrol, Timlo Solo, Grebeg Maulud Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Grebeg Besar Kraton Kasunanan Surakarta, Serabi Notosuman, Sate Kere, Jamasan Meriam Nyai Setomi, Warung HIK Solo, Mendoan Banyumas.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*