1 Desember, Hari AIDS Sedunia, Begini Sejarah dan Tema Peringatan Tahun 2021




Peringatan Hari AIDS Sedunia. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari AIDS Sedunia diperingati tiap 1 Desember. Tahun ini, Hari AIDS Sedunia jatuh pada Rabu, 1 Desember 2021.

Tahun ini, tema peringatan Hari AIDS Sedunia adalah “End inequalities. End AIDS” atau “Akhiri Ketimpangan. Akhiri AIDS”. Tema ini fokus untuk menjangkau orang-orang yang tertinggal. WHO dan mitranya menyoroti ketidaksetaraan yang berkembang dalam akses ke layanan HIV.

BACA JUGA:

Hari AIDS Sedunia pertama kali dikampanyekan di Amerika Serikat pada 1988. James Bunn, seorang jurnalis yang bertugas di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menginisiasi kampanye ini.

Bunn dan koleganya, Thomas Netter memutuskan bahwa 1 Desember adalah tanggal yang ideal untuk kampanye tentang AIDS. Awalnya, mereka fokus pemberitaan pada tema anak-anak dan remaja. Hal ini untuk meningkatkan kesadaran akan dampak AIDS dalam keluarga, tak hanya kelompok yang biasa distigmatisasi oleh media seperti kelompok homoseksual, biseksual, dan pengguna narkoba.

Sejak tahun 1996, peringatan Hari AIDS Sedunia diambil alih oleh lembaga PBB tentang HIV/AIDS yaitu UNAIDS, yang memperluas cakupan proyek menjadi kampanye pencegahan dan pendidikan sepanjang tahun.

UNAIDS kemudian menciptakan Kampanye AIDS Sedunia pada 1997 dengan fokus pada komunikasi, pencegahan, dan pendidikan sepanjang tahun.

Hari ini, HIV/AIDS tetap menjadi masalah kesehatan masyarakat yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Diperkirakan ada 37,7 juta (30,2 sampai 45,1 juta) orang yang hidup dengan HIV pada akhir tahun 2020. Dan pada tahun 2020, sekitar 680.000 orang meninggal dunia karena HIV dan 1,5 juta orang tertular HIV.

Pada 1 Desember 2021, WHO menyerukan agar para pemimpin global dan warga untuk bersatu menghadapi ketidaksetaraan layanan HIV.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*