Duh, Tutupan Salju di Puncak Jayawijaya Terus Berkurang

Salju di Jayawijaya
Salju di Jayawijaya (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Situasi iklim global terus mengalami penurunan kualitas. Data Intergovernmental Panel on Climate Change” atau IPCC menunjukkan bahwa suhu bumi saat ini telah mencapai level yang belum pernah terjadi sebelumnya setidaknya dalam 2000 tahun terakhir.

Suhu bumi juga diperkirakan akan mencapai atau melampaui batas 1.5C di atas level pra-industri, antara tahun 2021 dan 2040. Di bawah skenario emisi tinggi, ambang batas 1.5C ini akan dicapai dalam waktu yang lebih singkat lagi.

Biro Hukum dan Organisasi Bagian Hubungan Masyarakat BMKG menyebutkan dampak perubahan iklim sudah terjadi, terutama peningkatan cuaca ekstrem dan kejadian iklim ekstrem, kenaikan suhu udara, berkurangnya tutupan salju di puncak Jayawijaya dan naiknya permukaan air laut.

BACA JUGA:

Gunung Jayawijaya adalah yang tertinggi di Indonesia. Menariknya lagi, di puncaknya terdapat salju yang kerap kali dibilang akan selalu abadi sepanjang masa. Namun sayangnya, puncak yang juga mempunyai nama Carstensz tersebut sepertinya terancam kehilangan benda putih dan dingin itu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*