Bingung Memilih Sekolah Dasar Islam Terbaik Untuk Anak, Begini Panduan Mudahnya




Hari Pertama Masuk Sekolah Dasar
Hari Pertama Masuk Sekolah Dasar (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendidikan bagi anak merupakan hal terpenting yang selalu diperhatikan oleh orang tua. Apalagi agama yang dianut oleh sebuah keluarga adalah agama Islam, maka pendidikan umum dan agama harus sama-sama diperhatikan.

Bila memiliki anak yang akan memasuki bangku sekolah dasar, beberapa orang tua biasanya akan bingung dalam menentukan sekolah untuk anaknya, apakah anak mereka akan belajar di Sekolah Dasar umum, atau Sekolah Dasar Islam.

BACA JUGA:

Peran orang tua dalam memilih sekolah dasar bagi anak sangat besar. Sebab di sekolah dasar inilah karakter anak dibangun fondasinya. Di sekolah dasar, anak akan bertemu dengan giri yang cara mengajarnya berbeda dari sekolah sebelumnya ketika masih di bangku taman kanak-kanak.

Agar tidak bingung dalam memilih sekolah dasar Islam yang terbaik untuk anak-anak, inilh panduan mudah yang dapat dijadikan acuan.

Tujuan orang tua

Tujuan orang tua dalam mendidikan anak harus jelas terlebih dahulu. Karena ada orang tua yang menganggap bahwa pendidikan agama tidak penting untuk dipelajari. Orang tua dengan pemikiran seperti itu biasanya memaksanai kesuksesan dalam level kesuksesan duaniawi. Namun, sebagian orang tua yang lain memiliki tujuan baik sesuai dengan agama Islam, memaknai kesuksesan yaitu sukses di dunia dan juga di akhirat, maka dari itu, mereka memilih sekolah dasar Islam untuk anak.

Kemampuan orang tua

Orang tua perlu melihat kemampuannya dalam mendidikan anak, baik secara fisik maupun finansial. Jika orang tua tidak mampu secara fisik, maka tidak wajib mendidik anaknya sendiri, bisa diserahkan pada guru. Jika orang tua tidak mampu secara finansial, tidak boleh memaksakan untuk mendidik anak di sekolah mahal.

Kurikulum sekolah

Dalam memilih sekolah dasar Islam untuka anak, kurikulum merupakan hal penting untuk diperhatikan dan dicermati.

Pemilihan guru

Guru memiliki peran yang dominan dalam sekolah dasar Islam untuk anak. Untuk itu, orang tua perlu memperhatikan karakter guru yang ada. Guru yang baik adalah guru yang mengaplikaskan ajaran Islam dalam kegiatannya sehari-hari, memberikan pelayanan yang terbaik bagi anak dan orang tua, serta memberikan teladan yang dapat dicontoh oleh anak-anak di kelas.

Menyesuaikan dengan minat dan kemampuan anak

Panduan berikutnya adalah memilih sekolah dasar yang sesuai dengan minat dan juga kemampuan anak. Jika anak memiliki kemampuan lebih dalam belajar, ia dapat didaftarkan di kelas akselerasi.

Fasilitas sekolah aman dan nyaman

Fasilitas sekolah merupakan hal yang penting bagi anak. Hal ini akan menunjang anak untuk mampu menyerap matei pelajaran dengan baik.

Ketertiban dan kebersihan sekolah

Sekolah yang tertib dan juga bersih dapat membuat anak merasa lebih senang dan betah. Selain itu akan membentuk pribadi anak yang baik.

Lokasi sekolah dan lingkungan

Sekolah yang berlokasi tidak bergitu jauh dari rumah merupakan pertimbangan berikutnya. Selain jaraknya yang tidak jauh, lingkungan yang bagus juga harus diperhatikan karena dapat berpengaruh pada kenyamanan belajar anak.

Budaya sekolah

Pastikan sekolah yang akan dipilih memiliki budaya pendidikan yang baik, seperti misalnya budaya disiplin waktu, budaya membaca, budaya akhlak mulia, dan lain-lainnya.

Jumlah ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan di luar jam sekolah yang dapat mendukung minat dan bakat anak. Ekstrakurikuler yang beragam dapat membuat anak makin berkembang soft skill-nya.

Itulah panduan untuk mudah untuk mencari sekolah dasar Islam untuk anak kesayangan. Pastikan setidaknya seluruh kriteri tersebut di atas terpenuhi.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*