Ingin Kuliah D-3 Dan D-4 Teknik Informatika, Ketahui Dulu Perbedaan Keduanya




Ilustrasi; Seorang calon mahasiswa. (KalderaNews.com/Ist.)
Calon mahasiswi (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Jurusan Teknik Informatika adalah salah satu jurusan yang banyak ditemui di berbagai perguruan tinggi. Lulusan dari jurusan ini banyak dicari di berbagai bidang pekerjaan dan perusahaan. Oleh karenanya, jurusan ini masih banyak peminat hingga kini.

Untuk memilih jurusan ini, kamu harus juga menentukan jenjang pendidikan yang akan kamu ambil. Jurusan Teknik Informatika di berbagai perguruan tinggi umumnya memiliki banyak pilihan jenjang pendidikan yang bisa kamu pilih, yakni D-3 dan D-4.

BACA JUGA:

Kedua jenjang tersebut tentunya memiliki beberapa perbedaan. Inilah perbedaan jurusan Teknik Informatika yang harus kamu ketahui perbedaannya sebelum mendaftar.

SKS

Untuk jenjang D-3 jumlah SKS-nya 112 SKS. Sedangkan untuk jenjang D-4, kamu akan menempuh  144 SKS karena ilmu yang diterima akan lebih banyak.

Waktu belajar

Untuk jenjang D-3 akan ditempuh selama 3 tahun. Jenjang ini dapat membuatmu lebih cepat lulus dan bisa makin cepat kerja. Sedangkan untuk jenjang D-4 Teknik Informatika, waktu tempuh pendidikannya selama 4 tahunm karena jumlah SKS yang ditempuh juga lebih banyak.

Gelar

Gelar yang didapat untuk jenjang D-3 adalah ahli madya, ahli madya teknik, ahli madya komputer, ataupun ahli madya sains. Untuk gelar D-4 Teknik Informatika adalah sains terapan atau biasa disingkat S.ST. Gelar ini juga diberikan untuk para lulusan dari jurusan lain.  

Materi kuliah

Untuk D-3 Teknik Informatika akan disesuaikan dengan jumlah SKS dan kebutuhan kompetensi lulusan. Untuk jenjang D-4 Teknik Informatika tentu akan lebih banyak materi kuliahnya karena berbanding lurus dengan banyaknya kewajiban SKS yang harus ditempuh.

Tugas akhir

Tugas akhir jenjang D-3 adalah tidak seperti menyusun skripsi. Namun, tetap berupa karya ilmiah. Dan untuk jenjang D-4 pasti lebih kompleks daripada jenjang D-3.

Perbedaan jenjang pendidikan D-3 dan D-4 Teknik Informatika ini tentu akan disesuaikan dengan kewenangan dan kompetensi kerja. Dengan gambaran ini kamu dapat memilih jenjang pendidikan Teknik Informatikan yang sesuai dengan cita-citamu.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*