Inilah Contoh Kegiatan yang Dapat Kamu Aplikasikan di Lokasi KKN




Mahasiswa KKN, mangajar anak-anak
Ilustrasi: Mahasiswa KKN, mangajar anak-anak

JAKARTA, KalderaNews.com – Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan program wajib untuk mahasiswa semester 6 atau 7. KKN ini dilaksanakan sebelum memasuki  tahap akhir skripsi. Sebagai bagian dari program pemberdayaan, KKN merupakan kegiatan untuk mengimplementasikan ilmu di lapangan secara langsung.

Untuk itu, kamu memerlukan referensi  kegiatan yang dapat kamu aplikasikan agar kegiatan KKN berlangsung dengan seru dan jauh dari kata membosankan. Kegiatan KKN mahasiswa dapat dilakukan sesusai dengan jurusan kuliah yang diambil, misalnya KKN-PPL terpadu yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan pendidikan berbeda dengan KKN-PPL jurusan non kependidikan.

BACA JUGA:

Berikut ini adalah contoh kegiatan KKN yang dapat diaplikasikan di lokasi KKN kelak.

Edukasi anak-anak

Kegiatan ini dapat dilakukan oleh jurusan pendidikan yang ingin mengajari  atau mengedukasi anak-anak kurang di lokasi KKN. Program edukasi seperti  mengaji, belajara membaca, mendongeng dan ide edukasi menarik lain bisa menjadi kegiatan positif yang dapat kamu pilih.

Pelatihan masyarakat

Perlatihan ini bertujuan meningkatkan ekonomi masyarakat di pedesaan. Pelatihan mengolah barang bekas, budidaya ikan air tawar, misalnya, dapat menjadi ide yang menarik.

Sosialisasi kesehatan

Kesehatan akan selalu menjadi topik yang menarik di setiap kelompok masyarakat. Kegiatan mahasiswa yang dapat dilakukan secara praktik langsung di lapangan bisa berkaitan dengan sosialisasi atau penyuluhan kesehatan yang bermanfaat.

Pelatihan bahasa asing untu remaja

Bila dalam anggota kelompokmu ada yang berasal dari jurusan sastra asing atau bahasa Inggris, kamu dapat membuat pelatihan bahasa asing untuk kelompok remaja.

Lomba prestasi dan kreasi anak

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan prestasi dan kreasi anak-anak di lokasi KKN. Lomba yang dapat diuat misalnya lomba mewarnai, bercerita, membuat karya,  dan lain-lain.

Sosialisasi gadget

Sosialisasi gawai dan IT ini dapat menajdi alternative kegiatan untuk lokasi KKN yang sudah terjangkau internet, misalnya.

Pelatihan Kriya

KKN merupakan kegiatan pengabdian pada masyarakat di daerah setingat desa yang berupaya untuk memberikan pelatihan dan pendidikan lebih baik. Lewat kegiatan pelatihan kriya ini, mahasiswa dapat mengajak masyarakat untuk lebih kreatif dan mampu meningkatkan perekonomian daerah melalui hasil karya yang bernilai ekonomis.

Bakti Sosial

Bakti Sosial menjadi agenda wajib untuk membantu sesama atau orang-orang yang lebih membutuhkan di lokasi KKN tersebut.

Program Penghijauan

Kegiatan lain yang dapat dilaukan mahasiswa KKN untuk melestarikan lingkungan adalah program penghijauan atau pembagian bibit tanaman untuk lokasi KKN

Penyuluhan bersih lingkungan

Program ini dapat dilakukan mahasiswa agar masyarakat setempat lebih memahami mengenai pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih.

Itulah beberapa contoh kegiatan KKN yang dapat kamu aplikasikan di lokasi KKN dengan melihat kondisi dan situasi yang ada di sana. Buat rencana kegaitan yang sesuai dengan kondisi desa dan sesuai dengan disiplin ilmu yang telah dipelajari di kampus.

 *Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*