Jangan Galau! Inilah Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK Administrasi Perkantoran




Ilustrasi: Pilihan jurusan kuliah untuk lulusan SMK. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Pilihan jurusan kuliah untuk lulusan SMK. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – SMK merupakan tingkat sekolah menengah kejuruan yang menawarkan keahlian sesuai dengan keterampilan dan passion. Tujuan sekolah di SMK adalah mencetak lulusan yang siap kerja dan terjun langsung ke dunia kerja.

Menjadi lulusan SMK bukan berarti tidak dapat melanjutkan kuliah. Bila kamu adalah lulusan SMK jurusan Administrasi Perkantoran, inilah 10 jurusan kuliah yang dapat kamu pilih sebelum masuk ke dunia kerja.

BACA JUGA:

Pendidikan Administrasi Perkantoran

Jurusan ini dapat kamu ambil sebagai jenjang pendidikan vokasi atau S-1. Kelak kamu dapat menjadi pengajar juga untuk jurusan ini.

Administrasi Pendidikan

Kuliah S-1 Administrasi Pendidikan masih sepi peminat di PTN ternama. Padahal prospek lulusan Administrasi Pendidikan bisa berkarier sebagai tenaga pengawas pendidiakn, tenaga perencana pendidikan, pustakawan, koordinator online learning, dan lain-lain.

Perbankan

Kamu dapat juga mengambil jurusan D-3 Keuangan Perbankan untuk menambah keahlian dengan bekal sedikit materi pencatatan arus kas dan jurnal di SMK Administrasi Perkantoran.

Hubungan Internasional

Jurusan di rumpun Soshum yang menjadi favorit lulusan IPS atau IPA lintas jurusan. Kamu bisa memilih jurusan HI di PTN atau PTS yang mempelajari interaksi global baik negara, lembaga, perusahaan, dan lain-lain.

Pendidikan Tata Niaga

Jurusan ini cocok untuk kamu yang ingin terjun sebagai staf pengajar karena yang diajarkan berbasis pendidikan. Mirip dengan jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran.

Akuntansi

Di bangku SMK, kamu yang mendapatkan materi tentang pencatatan kas masuk dan jurnal dapat melanjutkan kuliah dengan mengambil jurusan S-1 Akuntansi. Meski tidak serumit SMK jurusan Akuntansi, tetapi jurusan ini tetap dapat dijadikan opsi.

Manajemen

Pengelolaan administrasi perkantoran, pelatihan kemampuan bahasa Inggris, kemampuan komunikasi dengan klien,d an hal lain sudah diajarkan di SMK. Kamu mungkin tertarik masuk jurusan S-1 Manajemen untuk menambah hard and soft skill kepemimpinan.

Administrasi Negara

Administrasi Negara atau Administrasi Publik bisa menjadi pilihan jurusan untukmu yang tertarik pada elemen pemerintah mencakup eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Administrasi Niaga

Jurusan kuliah untuk lulusan SMK Administrasi Perkantoran tidak lepas dari pengelolaan dokumen di sebuah lembaga atau perusahaan. Pilih jurusan Administrasi Niaga yang akan memberikan kesempatan karir lebih luas. Kamu akan belajar tentang keuangan bisnis, sumber daya manusia, operasi bisnis, dan hal-hal yang berkaitan dengan usaha.

 Ilmu Perpustakaan

Jurusan ini cocok untuk lulusan SMK jurusan Administrasi Perkantoran karena kamu telah mempelajari kearsipan di bangku SMK. Kuliah di jurusan ini kamu akan mempelajari kearsipan lebih kompleks.

Dengan gambaran sepuluh jurusan kuliah untuk siswa lulusan SMK Administrasi Perkantoran tersebut, kamu tidak perlu galau lagi. Selain melamar pekerjaan, ada opsi melanjutkan pendidikan. Semangat, ya!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagi pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*