Mau Mencicipi Kuliah di Amerika? Yuk Ikut Beasiswa Pertukaran Mahasiswa Global UGRAD, Pendaftaran Tutup 6 Januari 2022

The Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD). (Dok.AMINEF)
The Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD). (Dok.AMINEF)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu mau mencoba kuliah di Negeri Paman Sam? Nah, ini ada The Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD) yang dikelola American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF).

Program ini memberikan beasiswa untuk satu semester studi akademik non-gelar di perguruan tinggi atau universitas di Amerika Serikat.

Global UGRAD merupakan program dari Bureau of Educational and Cultural Affairs of the United States Department of State dan bertujuan untuk memberikan kesempatan mahasiswa dari Indonesia untuk belajar di Amerika Serikat.

BACA JUGA:

Selain untuk mengenal dunia pendidikan di Amerika Serikat, pelamar yang lolos diharapkan juga belajar tentang budaya serta dapat meningkatkan keterampilan profesional.

Semua peserta akan terdaftar dalam kursus penuh waktu, non-gelar yang dipilih dari kurikulum yang ada di lembaga pendidikan asal. Peserta akan diminta untuk mengambil satu kursus studi dengan beban 3 kredit untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang Amerika Serikat.

Peserta akan tinggal di fasilitas perumahan kampus bersama dengan rekan-rekannya dari Amerika Serikat dan diminta untuk berpartisipasi dalam 20 jam pelayanan masyarakat.

Beasiswa ini mencakup perjalanan internasional, biaya kuliah, tempat tinggal dan makan, asuransi kecelakaan/sakit, tunjangan bulanan, dan pendanaan untuk buku.

Persyaratan:

  • Warga negara Indonesia
  • Berusia di atas 18 tahun
  • Terdaftar dalam program sarjana penuh waktu (S1/D4) di Indonesia, telah menyelesaikan minimal satu semester studi dan memiliki setidaknya satu semester lagi untuk diselesaikan di institusi asal mereka setelah kembali. Preferensi akan diberikan kepada mereka yang berada di semester ketiga hingga kelima.
  • Menunjukkan potensi kepemimpinan melalui karya akademis, keterlibatan masyarakat, dan kegiatan ekstrakurikuler.
  • Memiliki kemampuan berbahasa Inggris lisan dan tulisan yang dibuktikan dengan skor TOEFL ITP atau TOEFL Prediction terbaru (kurang dari dua tahun) 500 atau iBT 48.
  • Berkomitmen untuk kembali langsung ke Indonesia setelah program selesai

Preferensi akan diberikan kepada mereka yang memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki pengalaman tinggal di Amerika Serikat. Hanya kandidat terpilih yang akan diberitahu untuk wawancara pribadi.

Dokumen yang dibutuhkan:

  • Dua surat referensi, satu dari dosen jurusan studi pelamar, satu lagi dari dosen lain, pemberi kerja, pembina, atau pengawas pekerjaan masyarakat.
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Laporan / transkrip nilai terbaru dalam bahasa Indonesia dan Inggris

Batas waktu pengiriman materi aplikasi secara online untuk program ini 6 Januari 2022. Untuk informasi lebih detail bisa langsung cek DI SINI.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*