Tip Menang Lomba Sains dari Joseph Oliver: Konsisten Belajar, Lakukan Sesuai Passion




joseph oliver,
Joseph Oliver Lin dari SMAK 1 PENABUR yang meraih penghargaan tingkat nasional dan internasional. (KalderaNews/Dok. Puspresnas)

JAKARTA, KalderaNews.com – Ada cerita lain di balik pengumuman pemenang lomba Kompetisi Sains Nasional atau KSN pada 12 November 2021 lalu. Sebanyak 34 peserta didik dari BPK PENABUR Jakarat membawa pulang posisi pemenang dengan rincian 10 emas. 11 perak, dan 13 perunggu.

Peraih medali emas bidang lomba informatika yang bernama Joseph Oliver Lim merupakan siswa dari SMAK 1 PENABUR. Prestasi yang diraih pelajar kelas 12 ini ternyata bukan yang pertama. Joseph, panggilan Joseph Oliver, selain meraih penghargaan di tingkat nasional ternyata juga membawa harum bangsa Indonesia dengan sejumlah lomba tingkat internasional yang dikutinya.

BACA JUGA:

Tahun lalu Joseph juga membawa pulang medali emas dari ajang yang sama yakni Kompetisi Sains Nasional bidang Fisika SMA. Dalam tahun 2021 ini tercatat, Joseph telah meraih penghargaan dari Lithuania, Taiwan, dan Rusia.

Persiapan yang dilakukan oleh Joseph untuk menghadapi setiap lomba-lomba tersebut adalah selama satu tahun. Putra pertama dari Lukas Salam dan Wellyana ini menyampaikan tip membagi waktu antara belajar di sekolah dengan persiapan lomba.

“Hari Senin sampai Jumat saya belajar pelajaran sekolah dan bila ada sisa waktu akan saya gunakan untuk belajar materi olimpiade. Namun, untuk hari Sabtu dan Minggu, saya gunakan untuk belajar materi olimpiade,” paparnya.

Deretan prestasi yang dibawa pulang ke Indonesia antara lain adalah medali perak untuk International Physics Olympiad (IPhO) di Lithuania pada tahun 2021, medali perak Asian Physics Olympiad (APhO) di Taiwan tahun 2021, dan medali perunggu untuk International Olympiad “Tuymaada” in Informatics di Rusia juga tahun 2021 ini.

Joseph menambahkan, “Cara belajar yang saya lakukan dengan rajin membaca buku, berlatih soal, dan mencari sumber-sumber tambahan di internet termasuk belajar dari orang yang lebih berpengalaman.”

Lebih lanjut Joseph membagikan tip belajarnya, “Tentu belajarnya harus konsisten, ya. Kadang jenuh juga, biasanya saya alihkan dengan melakukan kegiatan lain seperti bermain games sebentar, setelah itu lanjut belajar lagi.”

Menurut Joseph, masa pandemi ini dapat diisi dengan banyak belajar di rumah karena banyak waktu yang dihabiskan di rumah, dengan cara menyusun rencana belajar yang lebih baik.

Motivasi siswa kelas 12, yang bercita-cita sebagai ahli Robotics and Artificial Intelligence ini,  dalam mengikuti banyak perlombaan itu adalah karena rasa tertariknya untuk belajar banyak hal baru. Selama mengikuti perlombaan sesuai dengan passion pasti kompetisi tersebut dapat dilakoni dengan senang hati dan pasti akan termotivasi untuk belajara lebih baik lagi.

Kepada adik kelasnya di SMAK 1 PENABUR Joseph berpesan, “Kita berkompeitisi bukan untuk sekadar mencari kemenangan ,tetapi juga untuk menambah ilmu baru dan pengalaman, selain itu juga untuk menambah relasi kita tersebut. Kita dapat berkarya untuk masa depan dan membangun Indonesia lebih baik lagi. Jangan mudah putus asa, tetap berusahalah semaksimal mugkin dan lakukan yang terbaik,” tuturnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*