Tip Memilih Jurusan SMA yang Tepat, Dijamin Anti Galau

Siswa SMA (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setelah lulus SMP dan melanjutkan pendidikan di SMA maupun SMK. Jika kamu memilih SMA atau SMK, kamu harus memilih jurusan yang sesuai.  Memilih jurusan di SMA ini kadang membuat galau.

Di SMA, terdapat jurusan IPA, IPA ataupun Bahasa. Meskipun jurusan Bahasa tidak selalu ada di semua sekolah. Memilih jurusan tidak dapat dianggap remeh karena jurusan yang dipilih akan menentukan masa depanmu. Jurusan IPA atau IPS masing-masing memiliki keunggulan.  Dalam memilih jurusan ini tidak dapat hanya ikut-ikutan tren saja tanpa rencana.

BACA JUGA:

Agar kamu tidak salah pilih, sebaikanya kamu menyimak beberapa panduan ini.

Kenali bakat dan kemampuan

Sebeelum kamu mengambil keputusan untuk mengambil jurusan IPA atau IPS, disarankan untuk mengevaluasi nilai-nilai mulai dari SD hingga SMP. Dalam evaluasi ini nantinya kamu akan mengetahui mata pelajaran apa saja yang mendapatkan nilai bagus. Supaya lebh mudah, kelompokkan mata pelajaran yang berkaitan dengan IPA atau IPS.

Jika hasilnya nilai mata pelajaran yang berkaitan dengan IPA lebih bagus maka kamu bisa mengambil jurusan IPA. Sebaliknya, jika yang lebih bagus mata pelajaran yang berkaitan dengan IPS maka mengambil jurusan IPS. Namun, apabila nilainya sama-sama bagus kamu bisa mengikuti tes kecocokan untuk memilih mana yang cocok untuk dipilih.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*